Minum Oplosan, 2 Pemuda Tewas

by -

*Sempat Dilarikan ke RSUD, Nyawa Tak Tertolong

‎MANGGAR-Kejadian ini patut menjadi perhatian serius semua pihak untuk mewaspadai dampak negative minuman keras (Miras) oplosan yang kini sudah merambah kaula muda. Sebab, belum lama ini baru saja kejadian dua orang pemuda asal Desa Bentaian diduga tewas usai pesta Miras oplosan. Kedua korban tewas yakni berinisial SA (24) dan SH (21).

Dari informasi yang berhasil dihimpun Belitong Ekspres dari berbagai sumber menyebutkan, kedua pemuda tersebut tewas usai menenggak oplosan alkohol murni yang dicampur minuman kesehatan. Keduanya sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beltim, namun nyawa tak  tertolong.

“Mereka minum alkohol murni dicampur minuman kesehatan gitu,” terang warga Desa Bentaian yang enggan namanya dikorankan.

Pihak RSUD Beltim, melalui bagian Humas Erlan, saat dikonfirmasi Belitong Ekpres, Jumat (7/8) kemarin, membenarkan pernah menangani korban yang diduga tewas usai meminum Miras oplosan. Kedua korban sempat dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Beltim pada Rabu (5/8) lalu sekira 14.05 WIB.

Korban SA (24) setiba di rumah sakit sudah dalam keadaan meninggal dunia. Kemudian pada waktu hampir bersamaan disusul korban SH (21), yang juga dilarikan ke UGD, tapi masih dalam keadaan kritis.

“Korban SA saat dibawa ke UGD sudah meninggal dunia, sedangkan korban SH sudah dkritis,” ungkap Erlan Jumat (7/8) kemarin.

Menurut Erlan, dari hasil diagnosa dan keterangan dokter kedua korban mengalami Ec Intoksokasi Alkohol (penurunan kesadaran) yang diakibatkan minuman beralkohol.

“Setelah didapatkan keterangan dari dokter, korban tewas diduga penurunan kesadaran akibat minuman beralkohol. Dan itulah data yang bisa kami sampaikan,” terang Erlan.

Sementara itu, pihak kepolisian Sektor (Polsek) Manggar juga membenarkan adanya laporan dua orang pemuda asal Desa Bentaian diduga tewas usai meminum Miras oplosan. Namun demikian, polisi belum berani memastikan bahwa keduanya meninggal karena minum Miras oplosan tersebut.

“Dari laporan yang kami terima ada dua pemuda yang meninggal, dan satunya sedang dalam masa perawatan,” kata Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi S.ik melalui Kapolsek Manggar, AKP Morhan S, saat dikonfirmasi Jumat (7/8) kemarin.

“Untuk memastikannya, kami juga akan meminta keterangan dari dokter yang menangani penyebab meninggalnya korban,” tandasnya. (feb)