Mobil Pengerit Ludes Terbakar

by -6 views
Mobil Suzuki APV BN 1944 WL, yang terbakar di jalan raya dekat SPBU Padang Manggar, Jumat (22/2) kemarin.

*Usai Ngerit di SPBU Padang Manggar
*Pakai Tangki Modifikasi Ratusan Liter?

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Satu unit mobil Suzuki APV BN 1944 WL hangus terbakar di Jalan Raya Desa Padang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Jumat (22/2) kemarin. Mobil jenis minibus warna putih terbakar tak jauh dari SPBU Padang Manggar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan peristiwa ini terjadi sekira pukul 14.05 WIB, usai mobil yang menggunakan tangki modifikasi mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium. Baru keluar sekitar 100 meter dari SPBU, tiba-tiba api muncul dari dalam mobil pengerit BBM tersebut.

Sopir mobil bernama Kiki (30) yang tampak panik langsung keluar untuk menyelamatkan diri. Beruntung dia hanya kena sambaran api di bagian muka dan tangan. Dia kemudian dilarikan ke RSUD Beltim untuk mendapatkan perawatan.

Sontak, peristiwa kebakaran mobil pengerit ini, membuat heboh warga sekitar dan para pegendara yang melintas di lokasi. Suasana pun makin tegang saat api nambah besar melahap mobil yang mengangkut ratusan liter bensin itu.

Pengakuan Nova warga setempat, sebelumnya mobil naas itu mengerit Bensin di SPBU Padang Manggar. Usai mengisi penuh tangki modifnya, kemudian mobil tersebut keluar dari SPBU.

“Kira-kira sampai situ (100 meter dari SPBU, red) terlihat api menyala dari dalam mobil. Terus sopir lompat berlari keluar mobil, karena api semakin membesar,” ujar Nova kepada Belitong Ekspres sembari menunjuk ke arah mobil terbakar.

Atas kejadian tersebut, warga bergegas menjauh dari jalan dan menghindar jauh dari mobil. “Jangan dekat bang, itu baru keluar dari SPBU tadi banyak ngisik bensin, ratusan liter, bisa meledak kini,” ujar Sari salah satu warga yang ikut menyaksikan peristiwa kebakaran.

tangki modifikasi.

Kobaran si jago merah yang membesar dengan asap hitam menjadi tontonan pengendara dan warga sekitar. Mareka pun tak bisa berbuat apa-apa untuk memadamkan kobaran api. Pasalnya, beberapa kali terjadi ledakan-ledakan kecil dari mobil itu.

Mereka tidak berani mendekat karena takut terjadi ledakan lebih dahsyat. Masing-masing warga ada yang teriak jangan mendekat. Ada pula yang mengabadikan foto dan video kebakaran mobil dengan ponsel mereka.

Setengah jam kemudian barulah datang dua armada Mobil Damkar Beltim berupaya yang berupaya memadamkan api. Namun karena banyaknya muatan BBM pada tangki mobil tersebut, sehingga api sulit dijinakan.

Selain menggunakan water canon, petugas juga berupaya memadamkan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Akhirnya kurang lebih satu jam api baru dapat dipadamkan. Akibat kejadian itu arus lalu lintas di lokasi juga sempat lumpuh total.

Dari berbagai keterangan yang disampaikan warga sekitar lokasi, dugaan sementara mobil itu terbakar karena pencikan api rokok sang sopir. Sementara dari pihak kepolisian belum bisa memberikan kepastian.

Kapolres Beltim AKBP Erwin Siboro, Wakil Bupati Beltim Burhanudin serta Kapolsek Manggar AKP Albert Daniel Tampubolon yang ikut turun ke lokasi belum bisa berkomentar. Pasalnya, masih dalam proses penyeledikan.

Usai dipadamkan, tangki modifikasi dan puing mobil diamankan ke Polres Beltim guna pemeriksaan lebih lanjut. Untuk diketahui, sulitnya mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium/Bensin belakangan ini, membuat para pengerit berbondong-bondong memodifikasi tangki kendaraannya, mulai dari sepeda motor hingga mobil. (mg1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *