Momen Negeri Laskar Pelangi “Terbang Tinggi”

by -
Jpeg

//Gubernur dan Bupati Dukung Festival Laskar Pelangi 2015

Jpeg
Jpeg

Foto A: ainul yakin/be
Penampilan Tarian Pendulang Timah di Museum Kata Gantung, Beltim, pekan lalu yang mampu memukau pengunjung termasuk para turis.

TANJUNGPANDAN-Kesempatan sekarang ini nampaknya bisa dijadikan momentum bagi Bumi Laskar Pelangi untuk terus “Terbang Tinggi”. Festival Laskar Pelangi (FLP) 2015 yang hendak dihelat 27-29 Agustus 2015 mendatang di Pantai Tanjungtinggi, terus mendapat dukungan. Festival yang sudah keempat kalinya digelar ini mendapat support dari Kementerian Pariwisata RI dan Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung.
Untuk lebih mengenalkan dan mempromosikan FLP 2015, Kementerian Pariwisata RI menggelar konferensi pers khusus untuk FLP 2015. Jumpa pers degan insan media cetak dan elektonik nasional itu dilangsungkan, Selasa (11/8), kemarin di kantor Kemenpar, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Nampak hadir wartawan dari MNCTV, Oke Zone, Koran Jakarta, My Trip Magazine, Jawa Pos Group dan sejumlah media nasional lainnya.
“Festival Laskar Pelangi ini harus sukses. Dan saya optimis festival yang sudah keempat kalinya itu bisa menjadi momentum untuk masyarakat Pulau Belitong. Laskar Pelangi adalah berkah untuk masyarakat Belitong, bukan bicara lagi soal Saya, seorang Andrea Hirata lagi. Tapi, ini adalah pekerjaan bersama masyarakat Pulau Belitong untuk memajukan pariwisata sebagai bentuk berkah dari Tuhan untuk daerah dan negara,’’ ungkap Andrea Hirata kepada Belitong Ekspres, kemarin.
Menurut Andrea, pihaknya juga sangat mengapresiasi dukungan dari Kemenpar, Gubernur Babel dan Dinas Pariwisata Babel. “Semoga kerja keras panitia Festival Laskar Pelangi dan pelaku wisata ini bisa mendapat dukungan dari pemerintah daerah, provinsi dan pihak-pihak manapun yang ikut mendukung acara yang unik dan khas ini,’’ papar Andrea dengan penuh rasa optimisme.
Ikut hadir dalam jumpa pers FLP 2015 kemarin, Gubernur Babel Rustam Effendi, Kepala Dinas Pariwisata Babel Tajuddin, Bupati Belitung Sahani Saleh, Andrea Hirata, Anggota DPRD Babel Helyana dan Edi Nasapta,  Direktur PT Ranati Asriningati, Ketua Panitia FLP Kusumah Kosasih serta sejumlah panitia lainnya seperti, Azwar Hanif, Alek dan seniman Belitong Fithrorozi.
Jumpa pers kemarin mendapat sambutan yang baik dari insan pers nasional. Sejumlah pertanyaan dilontarkan dalam forum yang berlangsung penuh keakraban dan kehangatan tersebut. “Mereka kawan-kawan media di Jakarta sangat antusias dan mereka ingin datang dan meliput kegiatan yang terbilang unik usai melihat video dokumen kegiatan launching, terutama sajian tari Pendulang Timah,’’ papar Kusumah Kosasih kepada BE, sembari menjelaskan even ini akan jadi agenda tahunan dari Kemenpar RI.
Sementara itu, Gubernur Rustam Effendi menyatakan dukungan penuh atas penyelenggaraan FLP 2015 ini. Gubernur berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan kunjungan turis ke Pulau Belitung, baik turis domestik maupun turis mancanegara (wisman). “Kami dukung penuh kegiatan ini dan semoga sukses,’’ ujar Gubernur.
Dalam kesempatan yang sama Bupati Belitung Sahani Saleh menyatakan, semua pihak, baik pemerintah, panitia dan pelaku wisata di Belitung harus bersatu menyukseskan FLP 2015 ini. “Kegiatan FLP 2015 ini menjawab akan kemajuan dan perkembangan pariwisata di Pulau Belitung. Dan kami pemerintah komit mendukung kegiatan ini,’’ papar Bupati yang akrab disapa Sanem ini.(agu)