Momen Sholat Ied di Genas Bukti Nyata Toleransi Umat Beragama di Belitung

by -2 views
Umat Hindu membantu melipat terpal usai Sholat Ied di Gedung Nasional Tanjungpandan.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Ada suasana yang berbeda dan menarik perhatian usai pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1440 Hijriah di Halaman Gedung Nasional (Genas) Tanjungpandan, Rabu (5/6).

Toleransi umat beragama ditunjukkan beberapa warga non muslim. Mereka tampak membantu membereskan tempat tersebut dan memberikan kue serta minuman untuk umat muslim.

Ketua FKUB Kabupaten Belitung Ramansyah mengungkapkan salut atas kepedulian dan sikap toleransi umat non muslim di moment Hari Kemenangan Idul Fitri 1440 H ini.

“Salut toleransi umat beragama di Belitung. Dua orang tokoh agama Hindu dan seorang Pendeta Nasrani rela gulung terpal usai Sholat Ied di halaman Gedung Nasional,” kata Ramansyah kepada Belitong Ekspres.

Tak hanya itu, umat agama Budha juga menunjukkan sikap toleransi beragama yang sangat tinggi di Kabupaten Belitung. Mereka membagikan kue dan air mineral kepada umat Muslim.

Pembagian kue dan air mineral kepada umat muslim.

Menurut Ramansyah, hal itu merupakan salah satu bukti nyata kerukunan dan toleransi umat beragama di Negeri Laskar Pelangi. Dan, ini diharapkan bisa menjadi contoh buat Kabupaten lainnya di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

“Kegiatan ini bukti toleransi umat beragama sudah sangat cair dan terus harus dijaga dan diteruskan ke depan. Dan ini contoh buat Babel dan Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, kata Ramansyah toleransi bukan hanya berdampingan rumah ibadah. Namun sikap umatnya yang saling menghormati dan menjaga keutuhan toleransi seperti ini.

“Aktivitas keagamaannya paling penting harus kita jaga, khususnya marwah toleransi beragama,” pungkasnya.

Setelah pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1440 H, semua tokoh lintas agama di Kabupaten Belitung, saling bersalaman dengan umat muslim.

Pelaksanaan Sholat Ied di halaman Gedung Nasional Tanjungpandan ini, merupakan kerjasama Kodim 0414 Belitung dan FKUB Kabupaten Belitung. (dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *