MR, Pemuda Asal Tanjungpandan Ini Akui Gunakan Serbuk Kratom Sebagai Doping Main Game Online

by -
MR, Pemuda Asal Tanjungpandan Ini Akui Gunakan Serbuk Kratom Sebagai Doping Main Game
Empat orang pemuda yang diduga mengedarkan dan mengonsumsi serbuk Kratom, Senin (27/1), saat diamankan di kantor Satpol PP Belitung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Satpol PP Kabupaten Belitung mengamankan 4 orang pemuda yang diduga mengedarkan dan mengonsumsi serbuk Kratom, Senin (27/1) sekitar pukul 21.45 WIB.

Keempat pemuda tersebut yakni MR, WF, ES, dan AN. Keempatnya merupakan warga Kecamatan Tanjungpandan. Diketahui WF merupakan pemakai Kratom dan MR sebagai pengedar. Sedangkan ES dan AN hanya sebagai kerabat dari MR yang sempat diduga pemakai dari serbuk berwarna hijau muda tersebut.

Kasatpol PP Kabupaten Belitung, Azhar, mengatakan, awalnya Satpol PP sudah memata-matai seorang pemakai serbuk kratom, yakni WF yang kedapatan mengonsumsi serbuk ini.

“Mereka mengonsumsinya di Barata, di samping Barata itu kan ada kios-kios itu dan ada lorong antara kios-kios itu. Nah, di situlah WF ini mengonsumsinya,” kata Kasatpol PP Kabupaten Belitung, Azhar kepada belitongekspres.co.id, Selasa (28/1) dini hari.

Selanjutnya berdasarkan pengembangan dari keterangan WF, didapatlah nama MR sebagai penjual dari serbuk ini.

“MR saat itu bertiga. Saat itu posisinya lagi wifi-an di kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu Kabupaten Belitung (PLUT) bekas pasar pagi itu. Kami geledah dapatlah 8 paket siap jual. Dengan satu paket yang memang pakaian dia yang banyak. Dan di rumahnya juga ada banyak,” kata Azhar.

“Jadi total barang dia (MR) itu semuanya 1 kilogram. Dia memesan terakhir 3 kilogram dari Kalimantan, tapi sisa barang 1 kilogram berarti sudah dijual 2 kilogram,” tambahnya.

Azhar juga mengatakan pengamanan pengedar dan pemakai serbuk Kratom ini didasari dengan adanya laporan dari masyarakat melalui program Besadu yang menyebutkan keresahan mereka terhadap penyebaran serbuk Kratom ini.

“Jadi berbekal pengaduan tersebut saya menugaskan anggota kami, untuk memata-matai, siapa saja pemakai dan siapa penjual,” kata Azhar kepada Belitong Ekspres, Selasa (28/1) dini hari.

Sementara itu MR mengakui, dirinya memakai serbuk kratom sebagai doping untuk daya tahan bergadang saat bermain game.

“Ini (kratom) biasa saya gunakan untuk doping, supaya tahan begadang saat saya main game,” kata MR.

Alasan lainnya juga diutarakan oleh MR. Menurutnya, setelah ia mengonsumsi serbuk Kratom sejak 6 bulan lalu, ia yang semula sempat kecanduan obat-obatan (jenis obat batuk) tidak berkeinginan lagi untuk menkonsumsi obat kimia tersebut.

“Makai 6 bulan lalu. Setelah saya mengkonsumsi sudah tidak ada rasa lagi ingin memakan obat-obatan, rokok maupun alkohol,” jelasnya.

Editor: Subrata
Reporter: Faizal