MUI Pantau Pendirian Koperasi Syariah Babel

Ketua MUI Babel Muhammad Zayadi dan Sekretaris MUI Ahmad Luthfi

PANGKALPINANG – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Muhammad Zayadi mengungkapkan bahwa pihaknya akan memantau pendirian Koperasi Syariah Babel. Dalam waktu dekat, akan diluncurkan koperasi syariah di Madrasah Aliyah Insan Cendekia (MAN IC) Sungkap, Kabupaten Bangka Tengah.

RajaBackLink.com

“Hasilnya Gubernur (Babel) menyatakan sangat apresiasi sekali. Insya Allah, pelaksanaannya sebelum pemilu, tapi fiks-nya (penetapan, red) nanti akan kami bicarakan lebih lanjut tentang waktu pelaksanaannya ini,” ujarnya yang juga menjelaskan bahwa telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman beberapa waktu lalu.

Sebagai wujud keseriusaannya, MUI Babel juga sudah mengirim 2 utusannya, yakni Sekretaris Umum MUI, Ahmad Luthfi dan Direktur LPPOM MUI Babel, Nardi Pratomo untuk mempelajari pembentukan koperasi syariah di MUI Aceh. Aceh dipilih karena telah menorehkan prestasi terbaik di Indonesia untuk koperasi syariahnya.

Baca Juga:  Eko Wijaya untuk Babel: Beasiswa, Motor Sampah, Bibit, Hingga Sumur Bor

“Yang mengeluarkan untuk Lembaga Pengawas Syariah (LPS) itu kan juga MUI, tetapi untuk sekarang LPS MUI Babel kita kan belum banyak orangnya, maka nanti kita akan latih SDM-SDM-nya, karena yang mengawasi kopreasi syariah ini nantikan tetap harus ada orang orang LPS. Kita berharap dengan ini akan menjadi upaya kita untuk menonjolkan koperasi syariah kita sebagai bagian dari pembangunan ekonomi umat dan untuk itu kami optimis ini akan mampu tumbuh dan berkembang dengan baik,” terangnya.

Baca Juga:  Meresahkan, Gara-gara Suka 'Mejeng' Buaya 2,5 Meter Dipancing Pawang

MUI Babel juga melaporkan hasil program kerja yang telah dilaksanakan dari dana bantuan Pemprov Babel tahun 2018. Kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut, yakni mulai dari seminar halal internasional, sosialisasi, sertifikasi halal UMKM.

“Tahun 2019, MUI Babel akan kembali melaksanakan seminar halal internasional, setelah pelaksanaan seminar halal internasional November 2018 lalu. Termasuk di tahun 2020, akan ada kongkres umat Islam Indonesia dengan mengumpulkan 2.000 ulama se-Indonesia, yang tuan rumah adalah MUI Babel. Pemprov pun seperti yang disampaikan Pak Gubernur siap untuk membantu, termasuk anggarannya,” pungkas Zayadi. (lya)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply