Munandar Sidak ke Pasar Tanjungpandan

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

caption: Munandar Motong saat melakukan sidak ke Pasar Ikan Tanjungpandan, Selasa (15/1) kemarin.

*Tindaklanjuti Kerusakan Atap Gedung Pasar
*Proses Rehab Dilakukan Sekitar Bulan April

banner 1200x200

TANJUNGPANDAN – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Belitung Munandar Motong melakukan sidak (inspeksi mendadak) di Pasar Ikan Tanjungpandan, Selasa (15/1) kemarin. Hal itu sebagai tindak laporan perwakilan pedagang dan masyarakat yang resah karena adanya kerusakan atap gedung pasar tersebut.

Memang lokasi pasar ini dekat dengan pantai, yang mana uap air laut berpotensi memicu percepatan terjadinya karat. Itu menyebabkan kerusakan atap yang notabenenya terbuat dari seng tak dapat bertahan lama.

Menyikapi masalah tersebut, Munandar menjelaskan bahwa tahun lalu anggaran sudah dikucurkan bersamaan dengan rehab parkir, pasar sayur, dan KV Senang di kawasan Tanjungpandan.

“Hanya saja ada sedikit kendala pada saja pada pasar ikan mengalami ‘gagal lelang’. Sehingga di tahun ini Komisi II mendesak Dinas Perindagkop untuk dapat merealisasikannya, sesuai anggaran yang telah disepakati dengan DPRD Kabupaten Belitung,” kata Munandar kepada Belitong Ekspres.

Baca Juga:  6 UMKM Mitra Binaan PT Timah Ikuti Pameran INACRAFT 2019

Kata dia, melihat kondisi yang ada tentunya bukan hanya atap saja yang akan dilakukan penggantian. Tetapi juga tempat jual ikan serta saluran di sekitar pasar ikan tersebut. Atas kondisi itu dirinya mohon maaf kepada masyarakat dengan fasilitas pasar ikan saat ini.

“Nanti bukan hanya masalah atap saja, tapi juga saluran air dan plang ikan karena sudah kita anggarkan. Saya mewakili Komisi II DPRD Belitung mohon maaf atas ketidaknyaman ini kepada masyarakat secara luas,” ucap pria yang akrab disapa Nage.

Rencananya perbaikan akan dilakukan pada bulan Maret 2019 awal jika dilihat sesuai dengan APBD Induk. Masih kata Nage pembangunan berikutnya harus berdasarkan studi tentang kondisi geografis pasar, agar apa yang sudah dibangun dapat memiliki ketahanan yang panjang.

“Ini penting, karena pasar ikan merupakan lokasi transaksi salah satu komoditas unggulan Kabupaten Belitung. Bagaimana nelayan bisa sejahtera kalau pasar ikan tempat mereka menjual hasil tangkapannya kurang baik. Kami sangat konsen dengan hal tersebut,” katanya.

Baca Juga:  Ini Cara Kapolsek Badau Pererat Silaturahmi dengan Anggotanya

Sementara itu Kasubag Tata Usaha Metrologi Legal dan Pengelolaan Pasar M Ikbal mengatakan, akan melaksanakan hal yang sempat tertunda di tahun 2018 kemarin. “Rencana kedepan sudah kita usulkan untuk pembangunan ini, kemarin waktu 2018 kan gagal lelang 2x, jadi tahun 2019 ini dilanjutkan lagi,” kata dia saat mendampingi kunjungan Munandar Motong.

Dia mengatakan beberapa pembangunan yang akan dilakukan untuk tahun 2018 kemarin yaitu drainase, plang dan lantai. Namun melihat kondisi saat ini kondisi atap yang menjadi hal yang utama dalam pembangunan rehab nanti.

“Pembangunnan yang akan dibangun, kalau tahun 2018 kemarin, drainase pasar ikan, plang, lantai yang akan diganti dengan keramik. Kalau atap sebenarnya tidak masuk, namun melihat kondisi sekarang ini, atap inilah yang utamanya, karena sudah parah,” jelasnya.

Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Koperasi, Usaha kecil, Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Irwansyah juga mengatakan, proses rehab tersebut akan dilaksanakan sekitar bulan April 2019 mendatang. “Paling cepat bulan april, kita persiapkan dokumen dan di April akhir akan jalan,” ujarnya. (dod)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply