Munculkan Ide Kreatif Baru

by -

MANGGAR – Barang bekas yang selama ini dianggap sampah, ternyata bisa memiliki nilai ekonomis tinggi jika diolah menjadi beraneka kerajinan tangan. Hal inilah yang diajarkan anggota Polres Beltim, yang juga Bhabinkamtibmas Desa Padang, Kecamatan Manggar Belitung Timur (Beltim), Brigadir Mendes P Ariansyah.

 

Pria yang akrab disapa Mendes, memanfaatkan bekas sernuk kayu yang sudah tak digunakan, menjadi barang barang yang unik untuk dipasarkan, seperti dengan membuat perahu kater, kapal finishi, dan kapal speed dengan berbagi motif dan ciri khasnya.

 

Pemanfaatan barang bekas yang diolah dari tangan kreatif Brigadir Mendes, menjadi buah bibir berbagai masyarakat yang melihatnya. keunikan dan pemanfaatan barang bekas ini lah yang menjadi perhatian masyarakat.

 

Di sela-sela kegiatan, Brigadir Mendes yang ditemui Belitong Ekspres, Sabtu (12/12) pekan lalu menjelaskan, pemanfaatan barang bekas menjadi barang daur ulang bernilai ekonomis dapat dilakukan siapa saja. Selama ini, barang bekas sering terbuang begitu saja tanpa diolah.

 

“Padahal barang bekas seperti ini, bisa dijadikan benda yang bernilai ekonomis tinggi. Contohnya bentuk kapal ini, dibuat dari serbuk kayu dan kardus, Tanpa biaya besar, semua akan bermanfaat jika kita ada niat untuk melakukannya,” ujarnya saat sedang mengerjakan satu unit bentuk kapal speed. (feb)