Museum Kata Terpaksa Ditutup untuk Pengunjung

by -

*Akan Direnovasi, Guna Mempersiapkan Konsep Baru

Andrea Hirata saat melayani pengunjung untuk berfoto ria. Dok/BE.
Andrea Hirata saat melayani pengunjung untuk berfoto ria. Dok/BE.

BELITUNG-Setelah berjalan kurang lebih tujuh tahun sejak ide awalnya, Museum Kata Andrea Hirata terpaksa harus ditutup tidak menerima kunjungan wisatawan. Penutupan dilakukan mulai hari Selasa tanggal 10 Mei 2016.

Berdasarkan siaran pers Manajemen Museum Kata Andrea Hirata,yang diterima Belitong Ekspres, penutupan dalam waktu yang relatif lama mengingat proses renovasi mempersiapkan konsep baru.

Renovasi belum dipastikan akan berlangsung sampai berapa lama, termasuk persiapan konsep baru Museum Kata ini. Sebab, tim artistik dan kurator Museum Kata akan lebih mengeksplor  teknologi informasi, teknologi audio visual serta eksibisi karya sastra dalam berbagai variannya. Seperti literary music, literary movie, dan literary art termasuk performing art yang berhubungan dengan karya-karya sastra.

Selama tujuh tahun ini Museum Kata telah berkembang menjadi tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi di Belitung Timur, hingga mencapai ratusan ribu pengunjung setiap tahun. Dengan konsep yang baru nanti, Museum Kata akan lebih fokus pada misi utamanya sebagai lembaga apresiasi  sastra  dan bahasa, lembaga pembelajaran sastra, lembaga pelestari budaya,  dan lembaga pendidikan informal.

Selain berperan sebagai salah satu mata rantai pendukung industri pariwisata Belitong/nasional, sebuah museum sastra juga mencerminkan tingginya budaya serta intelektualitas sebuah bangsa.  Sebagai museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia, Museum Kata  Andrea Hirata juga  diproyeksikan sebagai lembaga pemberdayaan dan pembinaan generasi muda. (be)