Musrenbang Harus Berpihak Pada Rakyat

by -
Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani saat memberikan arahan.

*Erwandi Berikan Arahan di Musrenbang Kecamatan Tanjungpandan

TANJUNGPANDAN – Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani memberikan arahan pada acara musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tanjungpandan di Kantor Camat Tanjungpandan, Selasa (3/2) kemarin.

Pada kesempatan itu Erwandi menyampaikan agar senantiasa membuat kegiatan yang berpihak kepada rakyat, bukan hanya usulan fisik saja.

Misalnya di kampung ada tukang kerupuk, tukang mie, dan macam-macam. Mereka yang punya keahlian ini perlu ditingkatkan kompetensinya. Hal itu tugas satuan kerja (satker) yang membinanya.

“Ini adalah forum perencanaan tingkat kecamatan. Segenap aspirasi masyarakat betul-betul diperhatikan,” kata Erwandi.

Ia juga memaparkan terkait visi misinya selama lima tahun kedepan bersama Sahni Saleh. Visinya agar terwujudnya masyarakat Kabupaten Belitung mandiri sejahtera berdaya saing dan bermartabat.

“Kami sebagai bupati hanyalah perencana dalam bentuk keinginan. Agar tercapai tujuan kami ini dituangkan dalam visi misi. SKPD menterjemahkan sesuai sektor masing-masing,” ujar Erwandi.

Mensejahterakan masyarakat bukan berarti memberi uang setiap hari, tapi cukup memberikan kemudahan berusaha bagi mereka yang memiliki usaha, itupun sejahtera. Masyarakat harus dibekali dengan keterampilan supaya jangan sampai ketinggalan.

“Kita lah yang berfungsi di musrenbang ini untuk membantu mereka, membantu masyarakat.
Semua harus kita sejahterakan, ini tanggung jawab kita semua,” tegasnya.

Ia berharap kedepan, program yang diusulkan bukan hanya fisik. Melainkan program yang betul-betul dirasakan masyarakat. (ade)