Nambah Jam Lembur, Nekat Bakar Lahan

by -

foto kriian.
GANTUNG – Berniat menambah jam lebur, Zen (35) dan Has (35) nekat melakukan aksi pembakaran lahan di areal perusahaan Rebinmas Jaya, yang merupakan tempatnya bekerja. Keduanya kini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya setelah dilaporkan ke Polsek Gantung.

“Kejadian dilaporkan ke Polsek Gantung pada hari Jum’at tanggal 24 Juli 2015 sekira pukul 14.00 WIN. Pelapor merupakan karyawan PT. Rebinmas Jaya yang tinggal di kompleks PT. Rebinmas Jaya Dusun Bangek Desa Simpang Tiga, Kecamatansimpang Renggiang,” ungkap Pj. Kapolsek Gantung, Ipda Wawan Suryadinata seizin Kapolres Beltim, saat ditemui di Polsek Gantung, Senin (27/7) kemarin.

Ipda Wawan menjelaskan, kedua pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka atas tindak pidana pembakaran yang dimaksud dalam pasal 187 ayat 1 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHPidana atau pasal 412 KUHPidana.

“Berdasarkan pengakuan tersangka, pembakaran yang mereka lakukan karena berniat menambah jam lebur. Karena saat kejadian berlangsung, keduanya sedang bekerja di lokasi yang mereka bakar,” terang Ipda Wawan.

Ipda Wawan menjelaskan kronologis kejadian bermula sekira pukul 19.45 WIBN, Kamis (23/7). Pelapor mengaku berada di menara pantauan dan melihat ada api yang menyala di area perkebunan lahan  PT. Rebinmas Jaya. Kemudian pelapor memerintahkan salah seorang karyawan untuk menuju lokasi titik api. Namun, kobaran api mendadak padam sebelum karyawan melakukan pengecekan.

“Setelah diperintah untuk menuju lokasi titik api, kira-kira dipertengahan jalan api kemudian padam. Kemudian pelapor memerintahkan karyawan bernama Ilham untuk menunggu kedatangan pelapor. Sesampai di lokasi, mereka melihat pelaku Zen dan Has sedang mematikan api yang membakar lahan dengan menggunakan pelepah sawit,” jelas Ipda Wawan.

Sempat terjadi percakapan dengan pelaku yang mengaku telah terjadi kebakaran. Namun, gelagat mencurigakan dan kejanggalan membuat pelapor merasa aneh. Pelapor akhirnya memilih untuk meneruskan laporan kejadian kepada pimpinan perusahaan.

“Akibat kejadian tersebut PT. Rebinmas Jaya mengalami kerugian materil sebesar kurang lebih Rp. 75.000.000,- dan selanjutnya melaporkan kejadian ke Polsek gantung untuk proses hukum lebih lanjut. Kedua tersangka dikenakan ancaman hukuman 5 tahun kurungan atas perbuatannya,” tandas Ipda Wawan. (feb)