Nasdem Bakal Usulkan Pansus

by -

TANJUNGPANDAN–Menanggapi aspirasi puluhan warga Tanjungbinga dan Sijuk yang datang ke DPRD Kabupaten Belitung, Kamis (3/12), lalu, Fraksi Partai Nasdem berinisiatif mengusulkan pansus ke Badan Msyawarah (Banmus) DPRD. Rencana pengajuan ini seperti diungkapkan Ketua Fraksi Nasdem Belitung  Isyak Maerobie yang disampaikan ke Belitong Ekspres, Jumat (4/12) kemarin.

Isyak mengatakan, Fraksi Partai NasDem DPRD Belitung sudah menggelar rapat Fraksi Jumat (4/12) kemarin. Keputusan yang diambil yakni mengusulkan kepada ketua DPRD yang juga Ketua Banmus DPRD agar segera membentuk (pansus) permasalahan Pertanahan di Tanjungbinga.

Isyak  menjelaskan Pansus dibentuk untuk dapat melakukan kewenangan kewenangan sesuai UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pansus ini nantinya akan melaksanakan tugas melakukan pemanggilan pihak pihak yang terkait permasalahan pertanahan di Tanjungbinga segera ada titik terang.

Isyak menerangkan, tentunya proses hukum yang sedang dilaksanakan di pihak yudikatif (lembaga hukum,Red) menjadi hal yang terpisah. “Pihak kami (DPRD,Red) menghargai proses yang sedang berlangsung. Pansus nanti bekerja di luar proses hukum yg sedang berjalan. Karena legislatif tidak boleh dan tidak dapat mengintervensi kewenangan pihak yudikatif.Ini hukum tata negara,’’ papar Isyak.

Pansus akan melakukan verifikasi, klarifikasi dan memberikan pandangan politik sehingga menjadi sebuah keputusan yang obyektif dan memberi solusi dalam penyelesaian permasalahan tanah di Tanjungbinga. Sebagai lembaga aspirasi publik yang memiliki fungsi pengawasan, DPRD perlu meminta keterangan pemerintah daerah terkait hal ini. Sebab, ini menyangkut kepentingan publik dan kepastian hukum nantinya .

Isyak memaparkan, penting juga menciptakan sebuah situasi yg kondusif dalam iklim investasi. Namun tidak mengabaikan hak-hak masyarakat setempat dan Belitung secara umum.(mg1)