Nasdem Masih Buka Pendaftaran Calon

by -

MANGGAR – DPD partai NasDem Kabupaten Belitung Timur (Beltim) masih membuka pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati Beltim, untuk Pilkada 2015. Beberapa calon pendaftar awal bahkan telah mengembalikan berkas kepada panitia pendaftaran.
“Sampai saat ini, DPD partai NasDem masih membuka pendaftaran. Ada juga yang telah mengembalikan berkas yang dipersyaratkan, kepada panitia pendaftaran di sekretariat DPD partai NasDem Kabupaten Beltim,” ujar sekretaris DPD partai NasDem Beltim, Dato’ Oman Anggari kepada harian ini, Minggu (8/3) kemarin.
Sejauh ini, Dato’ Oman mengabarkan, sudah ada 4 calon Bupati yang mendaftarkan diri melalui partai NasDem. Namun, kesempatan masih terbuka bagi kader maupun diluar kader.
“Sampai saat ini, informasi dari panitia pendaftaran yang disampaikan kepada saya, baru 4 orang yang mendaftar ke partai NasDem. Tapi mohon maaf, yang mendaftar itu namanya masih kita rahasiakan, untuk saat ini belum bisa dipublikasikan,” jelas Dato’ Oman.
Kata dia, sampai saat ini pun, bagi kader Nasdem atau pun di luar kader NasDem masih terbuka untuk siapa saja yang minat mau mendaftar bakal calon Bupati atau wakil Bupati. Yang penting WNI dan sesuai persyaratan serta sesuai dengan peraturan KPU.
Dato’ Oman juga menjelaskan, partai NasDem terbuka berkoalisi dengan partai manapun untuk mengusung calon kepala daerah dalam pilkada mendatang.
“Jadi (NasDem, red) selalu terbuka untuk membangun komunikasi politik dengan beberapa bakal calon dan beberapa partai yang akan dan minat menjadi koalisi untuk mengusung dan mendukung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, menjelang Pilkada bulan Desember 2015 nanti,” tegasnya.
Mengklarifikasi pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati melalui partai NasDem, Dato’ Oman memastikan, Partai NasDem melakukan proses tahapan Pilkada melalui penjaringan dan penyaringan sesuai instruksi DPP partai NasDem secara menyeluruh di Indonesia.
“Itu berlaku di setiap daerah yang melakukan Pilkada di tahun 2015. Juklak dan juknis pun harus dilalui sesuai tahapannya, karena ini perintah partai,” terangnya.
“Hasil dari proses tahapan penjaringan dan penyaringan, nanti sesuai jadwal akan dikirim ke DPW dan DPP partai NasDem. Kemudian DPP NasDem akan mensurvei melalui lembaga survei independen yang ditunjuk oleh DPP NasDem. Hasil survei akan diumumkan, apakah layak atau tidak untuk maju,” tutupnya. (feb)