Nelayan Belitung Keluhkan Sulitnya BBM Solar

by -
Kapal Nelayan Belitung
Jajaran kapal nelayan bertambat dergama di kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjungpandan.

Kelangkaan Sudah Dua Pekan

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sejumlah nelayan di Kabupaten Belitung mengeluhkan sulitnya mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi jenis solar. Kelangkaan tersebut sudah berlangsung selama dua pekan.

Wakil Sekertaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Kabupaten Belitung, Jasman, mengatakan, sejak beberapa hari terakhir sejumlah nelayan mengeluh lantaran sulitnya mendapatkan solar subsidi. Menurutnya, ketersediaan solar subsidi untuk nelayan perlu disikapi dengan bijak agar distribusi solar subsidi tersebut tepat sasaran.

“Hari ini ada nelayan yang melaporkan ke HSNI. Katanya mereka sulit mencari solar. Bagi pemangku kebijakan di Belitung coba investigasi tempat-tempat pengisian solar subsidi, baik di SPDN maupun APMS. Jangan sampai solar subsidi dimanfaarkan oleh oknum yang tidak berkepentingan. Sebab subsidi tersebut peruntukannya bagi nelayan,” katanya kepada Belitong Ekspres Selasa (19/11).

Sementara itu, salah seorang nelayan, Gilang, mengatakan, sudah lebih dari dua pekan dirinya kesulitan untuk mendapatkan solar subsidi. “Udah dua trip berangkat, susah terus mencari minyak (solar subsidi, Red). Sampai sekarang pun masih sulit,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Sekertaris Komisi II DPRD Kabupaten Belitung, Suherman, mengatakan, persoalan kelangkaan BBM maupun subsidi solar bagi nelayan harus betul-betul disikapi. Apakah permasalahannya terkait pendistribusian atau masalah di lapangan yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Kita sudah berkomunikasi dengan teman-teman di komisi II untuk secepatnya mengundang pihak-pihak terkait sehubungan dengan masalah BBM yang terjadi di kabupaten Belitung,” ungkap pria yang akrap di sapa Awat tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Awat, pada forum resmi tersebut, nantinya mereka bisa menjelaskan duduk persoalan dan kendala yang terjadi di lapangan. “Untuk waktunya kita masih kordinasikan dengan pimpinan dan Ketua DPRD. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Wakil Ketua DPRD Provinsi Babel terkait masalah subsidi solar bagi nelayan di Kebupaten Belitung,” pungkasnya.

Menurut Politisi Gerinda tersebut, dirinya menduga ada kebocoran berkaitan dengan subsidi solar bagi nelayan. Sehingga kondisi ini membuat para nelayan kesulitan untuk mendapatkan solar.

Ia menilai, jika ada faktor lain, misalnya faktor cuaca, tentunya tidak serta merta menjadi salah satu dasar atas kelangkaan BBM yang terjadi. Apakah betul faktor cuaca? atau ada faktor lainnya. (rez)