Nelayan Tewas Terjebak Jaring Sendiri

by -

SUNGAILIAT – Perairan Pantai di Sungailiat kembali menelan korban. Setelah belum lama lalu seorang PNS Dinas Perikanan Kabupaten Bangka tenggelam saat mancing, kali ini kembali terjadi orang tenggelam di perairan Pantai Gita Desa Rebo yang menewaskan satu orang nyawa ketika sedang beraktifitas mencari ikan dengan jaring tebak.

Kejadian ini dibenarkan pihak kepolisian yang mana menurut Kabag Ops Polres Bangka Kompol S. Sophian seizin Kapolres Bangka AKBP Sekar Maulana korban baru ditemukan sekitar pukul 15.00 WIB usai dilakukan pencarian. Korban adalah Mukti alias Mang Han (66) seorang buruh harian warga Jalan Garuda Komplek RSS Pemda Kelurahan Parit Padang.

Sebelumnya pada hari  Sabtu (25/3) sekitar pukul 15.00 WIB memasang jaring di pantai Gita Desa Rebo Sungailiat.? Kemudian pada hari Minggu (26/3)  jam 08.30 WIB korban menuju Pantai Gita untuk mengangkat jaring tebak yang dipasang. Kemudian rekan korban Anuardi (59) menyusul. Ketika Anuardi sampai di pantai, ia melihat korban turun ke laut untuk menarik tebak atau jaring dan pada saat itu kondisi air dalam keadaan pasang besar.

“Saksi melihat korban berpegangan pada kayu tiang jaring tebak tetapi kayu tersebut kecil dan tidak kuat untuk menahan jaring tebaknya. Kemudian korban terbelit jaring tebak dan tenggelam, saksi kemudian turun dan menarik korban ke pinggir pantai dan memberikan pertolongan dengan menekan bagian dada, tetapi korban tidak bisa ditolong dan meninggal dunia,” jelas Kabag Ops.

Setelah itu, saksi kemudian meminta bantuan kepada orang yang ada di pantai dan kemudian menghubungi keluarganya. Saksi kemudian bersama warga membawa korban ke rumah duka di Komplek RSS Pemda Sungailiat. Selanjutnya, pihak keluarga melakukan pemakaman jenazah korban sehabis sholat ashar.

“Korban tidak dilakukan visum karena korban langsung dibawa ke rumah duka dan pihak keluarga sudah mengikhlaskan atas meninggalnya korban,” pungkas Kabag Ops. (trh)