New Normal, Camat Manggar Himbau Masyarakat Ikuti Protokol Kesehatan

by -
New Normal, Camat Manggar Himbau Masyarakat Ikuti Protokol Kesehatan
Camat Manggar, Amirudin.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Kesiapan menghadapi New Normal 1 Juli 2020 mendatang, Camat Manggar Amirudin menekankan agar masyarakat Kecamatan Manggar selalu mengikuti protokol kesehatan. Hal itu dikatakan Amirudin dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Beltim, khususnya kecamatan Manggar.

Dikatakannya, bahwa fase atau era new normal sudah di depan mata, sehingga berbagai aktivitas di luar rumah mulai akan berjalan walaupun dengan beragam peraturan. Maka dari itu masyarakat harus mencegah penularan virus Corona agar aktivitas di luar tetap aman dan higienis.

“Beberapa kebiasaan Baru perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk kedepannya protokol kesehatan tetap harus kita patuhi secara kolektif. Diantaranya, kita harus menggunakan masker, kemudian juga mencuci tangan dan menjaga jarak aman,” ungkap Amirudin kepada Belitong Ekspres, Ahad (28/6).

Di Kecamatan Manggar, dirinya selalu mengingatkan. Kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan fasilitas umum dan selalu menyediakan produk disinfektan. Dengan demikian, setiap aktivitas masyarakat terbiasa sebelum bekerja dan setelah bekerja untuk mencuci tangan.

“Dan ini seolah sudah menjadi suatu kewajiban yang harus disiapkan oleh setiap warga masyarakat. Terlebih pada fasilitas umum. Kemudian tidak hanya kebersihan tangan semata, tetapi juga disinfektan yang kita sediakan berguna untuk membersihkan permukaan tempat kerja. Dan lain sebagainya dari sentuhan virus yang kebetulan mungkin menempel. Bisa dalam bentuk tisu basah, sabun, air mengalir dan lain sebagainya,” papar Camat Manggar.

Kemudian dia berpesan, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi dan dilaksanakan. Dengan harus memakai pelindung wajah juga masker agar terlindung dari penyebaran Covid-19. Sangat penting saat aktivitas di luar rumah itu menjadi normal sebagaimana biasanya. Masyarakat bisa menggunakan masker sesuai dengan aturan pemerintah dan WHO.

“Memakai pelindung wajah, ini tentu harus diiringi dengan kebiasaan hidup bersih. Seperti kurangi mengusap wajah, mata, hidung dan telinga. Juga tetap menjaga jarak agar resiko penularan dapat lebih diminimalisir. Kemudian juga karena ini kolektif untuk memutus mata rantai ini, maka kita sebagai warga masyarakat juga harus saling mengingatkan. Bahwa penyebaran virus Corona ini penularannya antar manusia juga lewat benda-benda. Oleh karena itu, kebiasaan saling mengingatkan mulai kita tumbuh kembangkan,” pesannya.

Hal sekecil ini harapan Camat Manggar bisa dilakukan dengan kebiasaan baru. Contohnya, kedepannya bagi yang tidak punya masker harus pakai masker. Selain itu, dia juga mengingatkan pentingnya menjaga jarak. Misalnya tidak berada di suatu tempat atau ruangan yang berisi terlalu banyak orang.

Dalam mengatasi hal ini menurutnya, memang bukan tugas orang perorang saja, tetapi ini tugas bersama. Tujuannya, agar wabah segera bisa teratasi dan semua orang intinya selalu menjaga kebersihan dan menjalani gaya hidup sehat itu bisa diterapkan.

“Kemudian juga terkait dengan semua kebijakan new normal. Kami dari pihak kecamatan tetap akan menunggu informasi resmi dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten. Seperti apa kebijakan di kecamatan dan kami akan menurut kepada apa yang diputuskan oleh Kabupaten. Karena penerapan new normal ini yang menentukan nanti di wilayah itu adalah GTPPC Kabupaten. Yang direncanakan tanggal 1 (Juli) kita melaksanakan, ya kita laksanakan,” sebutnya.

Sejauh ini pihak Kecamatan Manggar sudah mempersiapkan tahapan-tahapan. Seperti contohnya, lampu taman di depan kantor camat juga yang selama ini mati, memang sengaja tidak digunakan dan tidak fungsikan untuk meminimalisir orang berkumpul pada saat itu.

Namun, kata Amir, kalau sudah masuk ke fase new normal, maka sesuai dengan arahan Bupati awal Juli akan kembali dinyalakan di beberapa tempat ataupun lampu lampu taman. Sehingga masyarakat berinteraksi berkumpul kembali, tetapi tetap mentaati protokol kesehatan yang berlaku dan kebijakan umum oleh Kecamatan Manggar.

“Terkait dengan beberapa objek wisata yang ada di Kecamatan Manggar, seperti pantai Lalang, kemudian Pantai Serdang, untuk pengaktifkan kembali sudah dilaksanakan rapat khusus pembahasan tentang penerapan new normal. Rencana pembukaan fasilitas objek wisata di kecamatan Manggar dari beberapa desa sudah melaporkan, bahwa mereka akan siap menerapkan new normal,” tuturnya.

Dia kembali berharap semua bisa berjalan sebagaimana biasanya. Termasuk dengan tempat tempat objek wisata yang ada untuk mendongkrak perekonomian masyarakat yang selama 3 bulan terakhir mengalami keterpurukan.

“Ini tidak bisa stagnan dalam posisi corona, tetapi kita juga harus berupaya semaksimal mungkin bagaimana kita berdamai dengan menggunakan protokol kesehatan itu kuncinya. Pada prinsipnya tidak ada masalah, tetapi kesadaran kolektif kesadaran bersama-sama ini yang menjadi penting untuk diterapkan di era new normal ini,” tandasnya. (dny)

Editor: Yudiansyah