Nilai UN Bukan Syarat Kelulusan

by -

//Siswa Bisa Ujian Ulang

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh menyatakan bahwa hasil dari UN April mendatang tidak akan menjadi syarat mutlak terhadap kelulusan para siswa seperti pada tahun-tahun sebelumnya.
“Ada yang menarik tahun ini, karena di tahun ini nilai UN siswa tidak menjadi syarat mutlak kelulusan. Kelulusan tahun ini ditentukan oleh sekolah masing-masing melalui ujian sekolah dan nilai rata-rata raport siswa pada semester 3 sampai semester 5,” ujar Soleh.
Ia menjelaskan, nilai UN siswa tahun ini hanya untuk tiga fungsi yaitu pemetaan mutu daerah, pembinaan atau persaingan sekolah mendapat dana bantuan dan sebagai patokan siswa mengikuti seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
“Nilai UN siswa hanya digunakan untuk pemetaan mutu daerah, pembinaan sekolah dan seleksi siswa masuk perguruan tinggi. Dan syarat kelulusan siswa, 10-30 persennya diambil dari nilai ujian sekolah dan 50-70 persennya dari rata-rata raport semester 3-5,” terang Soleh.
Dengan demikian, menurut Soleh pelaksanaan UN kali ini tidak terlalu membebani para siswa. Bahkan ia yakin para siswa yang mengikuti UN tahun ini bisa memperoleh nilai terbaik. “Perubahan ini cukup signifikan, karena ini memberi angin segar untuk para siswa maupun orang tua,” terangnya.
Soleh menambahkan, selain ada perubahan pada syarat kelulusan, perubahan juga ada pada surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) yang diterima siswa. Kalau sebelumnya pada SKHUN hanya tercantum nilai saja, pada tahun ini di SKHUN siswa akan tercantum predikat kompetensi siswa, ada predikat A (sangat baik), B (baik), C (cukup baik) dan D (kurang).
“Di SKHUN siswa nanti terdeskripsi kompetensi siswa di tingkat nasional, Provinsi dan daerah. Mereka bisa liat predikat kompetensi apa yang mereka peroleh, dan jika kategori kompetensi siswa hanya D (kurang), siswa kita anjurkan untuk ikut ujian ulang tahun 2016 mendatang untuk memperbaiki nilainya agar mereka tidak sulit saat ikut seleksi perguruan tinggi,” tandasnya. (eza)