Objek Wisata di Belitung Tutup Hari Pertama Lebaran

by -
Objek Wisata di Belitung Tutup di Hari Pertama Lebaran
Pantai Wisata Tanjungpendam. (foto ist)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sejumlah objek wisata di Kabupaten Belitung, akan tutup pada hari pertama Idul Fitri 1442 Hijriah guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut dikatakan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Ir Hermanto.¬† “Untuk hari pertama lebaran objek wisata kami tutup,” katanya.

Menurut Hermanto, objek wisata seperti Tanjung Kelayang, Tanjungpendam akan dibuka kembali pada hari kedua Idul Fitri 1442 Hijriah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Jadi akan dijaga dipintu masuk, apabila tidak pakai masker tidak diperbolehkan masuk,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, guna mengantisipasi terjadinya kerumunan jumlah pengunjung juga dibatasi setengah dari kapasitas maksimal suatu destinasi wisata. Selain itu, posko pelayanan dan pengamanan juga telah didirikan.

“Posko ini didirikan oleh Kepolisian setempat guna menegakkan protokol kesehatan dan memberikan jaminan rasa aman kepada pengunjung. Seperti di kawasan wisata pantai Tanjungpendam dan Pantai Tanjung Kelayang,” terangnya.

Hermanto berharap, para pengunjung dan wisatawan dapat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ketika berwisata, sehingga tercipta rasa aman dari penyebaran Covid-19. Pihaknya juga telah menyediakan fasilitas cuci tangan dan protokol kesehatan di objek wisata.

“Kami harapkan masyarakat disiplin dalam menjalankan prokes. Kemudian mengenai destinasi wisata yang dikelola selain Dinas Pariwisata Belitung, itu diserahkan kebijakannya ke pengelola mereka masing-masing, dengan mempedomani edaran bupati Belitung secara umum,” tandasnya. (dod)