OKM 2020, Polres Beltim Fokus Himbau Masyarakat Tak Mudik

by -
OKM 2020, Polres Beltim Fokus Himbau Masyarakat Tak Mudik
Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo saat memberikan arahan kepada personilnya.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pelaksanaan Operasi Ketupat Menumbing (OKM) 2020 di wilayah Polres Belitung Timur (Beltim) lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. Terhitung sejak tanggal 24 April 2020, Polres Beltim telah menyiagakan personil di pos pelayanan dan pos pengamanan.

Biasanya Operasi Ketupat Menumbing dilaksanakan 7 hari sebelum perayaan Idul Fitri, namun tahun ini Operasi dimulai sejak awal Umat Islam melaksanakan puasa Ramadan.

Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo mengatakan saat memberikan arahan kepada personil bahwa, Operasi Ketupat Menumbing 2020 kali ini dilaksanakan lebih awal dengan maksud mengikuti kebijakan Pemerintah yang melarang masyarakat untuk mudik lebaran guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Kita selaku aparat Kepolisian, wajib mendukung kebijakan Pemerintah dan langkah-langkah yang diambil agar negara kita bisa segera terbebas dari pandemi penyebaran wabah covid-19,” ungkap Kapolres Beltim.

“Berkaitan dengan Operasi Ketupat tahun 2020, Kepolisian RI secara serentak diseluruh wilayah memulai Operasi Ketupat dari tanggal 24 April 2020 sampai dengan tanggal 31 Mei 2020 atau selama 37 hari pelaksanaan,” imbuhnya.

Lebih lanjut AKBP Jojo mengatakan, cara bertindak Operasi Ketupat kali ini sedikit berbeda yakni fokus pada pelarangan masyarakat yang hendak mudik lebaran.

“Kita harus betul-betul terjun kelapangan, sentuh masyarakat dengan baik, berikan edukasi agar masyarakat paham bahwa kita saat ini sedang menghadapi wabah covid-19. Penyakit ini bukanlah penyakit turunan, tak memandang tua atau muda, kuat atau lemah, semua kalangan masyarakat bisa kena,” kata Kapolres.

Karenanya, Kapolres menginstruksikan jajarannya agar menyampaikan pesan kepada masyarakat secara persuasif. Hal ini guna menghindari salah pengertian seperti polisi melarang mudik atau membatasi hak masyarakat.

“Kita butuh kerja sama yang kompak dan peran serta semuanya agar rantai penyebaran wabah covid-19 bisa diputuskan. Selain itu, Polri juga menjamin keamanan masyarakat selama pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadan,” jelas Kapolres.

Selama Operasi Ketupat Menumbing 2020, Polres Beltim mendirikan 4 Pos terdiri dari 1 Pos Pelayanan (Posyan) yang di tempatkan di Dispensasi dan 3 Pos Pengamanan (Pospam) yang ditempatkan di 3 Kecamatan. Yakni di Simpang Renggiang, Simpang Pesak dan Kelapa Kampit.

Khusus pelarangan mudik secara masif dilakukan himbauan oleh personel Polres dan jajaran Polsek, serta fokus melakukan penyekatan di beberapa titik yang menjadi pintu masuk dan atau keluar Kabupaten Beltim. (msi)

Editor: Yudiansyah