Ombudsman Babel Buka Posko Pengaduan Seleksi CPNS 2019

by -

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membuka posko pengaduan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 di Babel.

Hal ini merupakan bagian dari tugas Ombudsman sebagai salah satu anggota dalam Tim Pengawas Panitia Seleksi Nasional berdasarkan Keputusan Menpan-RB Nomor 160 Tahun 2019. Yakni tentang Panitia Seleksi Nasional Pengadaan Aparatur Sipil Negara Tahun 2019.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Babel Nugroho Andriyanto di ruang kerjanya, Rabu (20/11/2019).

Menurutnya, Ombudsman RI sebagai bagian dari Tim Pengawas Panselnas Pengadaan ASN akan melakukan serangkaian kegiatan pengawasan pada seluruh tahapan dan juga membuka posko pengaduan seleksi CPNS 2019.

“Selain itu, kami juga akan melakukan koordinasi dengan seluruh BKPSDMD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Nugroho.

Ia menambahkan, mengingat tahapan pelaksanaan seleksi CPNS 2019 yang sangat cepat, bagi masyarakat yang nantinya hendak melaporkan ke Ombudsman dapat memperhatikan beberapa ketentuan teknis yang ada di Ombudsman.

“Apabila terdapat peserta seleksi CPNS yang merasa kesulitan ataupun dirugikan dalam setiap tahapan pelaksanaan seleksi CPNS. Baik yang mengikuti seleksi CPNS Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) maupun Instansi Vertikal, dapat menyampaikan keluhannya ke panitia pelaksana,” jelasnya.

“Dan apabila tidak ditindaklanjuti lapor ke Ombudsman Babel melalui datang langsung, telepon/WA 0811-7121-137, Instagram (ombudsmanbabel137), dan email(ombudsman.ri.babel@gmail.com. Bagi masyarakat yang hendak melapor ke Ombudsman dapat memperhatikan ketetentuan teknis lebih lanjut,” imbuh Nugroho.

Adapun hal yang harus dipersiapkan sebelum melapor Ke Ombudsman sebagai berikut:

1. Pengaduan yang ditujukan ke Ombudsman terkait permasalahan seleksi CPNS 2019 dan memuat kronologi laporan dan harapan atas penyampaian laporan ke Ombudsman;
2. Fotokopi KTP Pelapor;
3. Bukti Registrasi CPNS;
4. Informasi/keterangan bahwa Pelapor telah menyampaikan keberatan kepada Instansi Terlapor;
5. Nomor telepon yang dapat dihubungi
6. Pada tahapan Seleksi Administrasi, Pelapor menyampaikan pengaduan ke Ombudsman pada masa sanggah pengumuman seleksi administrasi.

Sedangkan cara melapor dugaan kecurangan yaitu:

1. Datangi posko pengaduan penerimaan CPNS 2018 yang terpusat di kantor Ombudsman RI Babel, Jalan Ahmad Yani Nomor 3 Pangkalpinang
2. Telepon/WA 0811-7121-137
3. Instagram (ombudsmanbabel137)
4. Email (ombudsman.ri.babel@gmail.com)

Setiap laporan pengaduan yang masuk ke Ombudsman akan segera kami tindaklanjuti dengan mekanisme Respon Cepat Ombudsman (RCO) mengingat sifat laporan yang mendesak dan perlu penanganan segera.

“Mengingat tahapan seleksi yang cukup padat, bagi peserta yang hendak berkonsultasi dan menyampaikan pengaduan silahkan datang langsung ke Kantor Ombudsman Babel atau dapat melalui whatsapp di nomor 0811-7121-137,” tandas Nugroho. (Humas ORI BABEL)