Operasi Peti Menumbing 2015 Selesai

by -

Adi Nugraha: Tindak Penambangan Ilegal!

PANGKALPINANG – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bangka Belitung (Babel) menegaskan akan tetap melakukan penindakan tegas terhadap aktifitas penambangan laut ilegal di perairan Babel, walaupun operasi Peti Menumbing 2015 telah usai.
Hal tersebut disampaikan, Langsung Kasi Gakum Ditpolair Polda Babel AKBP Adi Nugraha saat dikonfirmasi Radar Bangka, Rabu (26/11) di ruang kerjanya. “Walau operasi menumbing 2015 telah selesai, kami akan terus melakukan penindakan terhadap aktifitas penambangan yang merajalela di laut Babel,” kata Adi.
Pria berpangkat melati dua ini menegaskan, tidak akan pandang bulu atas aktifitas penambangan ilegal. “Kami tidak main-main dalam melakukan penegakan hukum di laut Babel ini, apa lagi tambang ilegal akan kita tindak,” ungkapnya.
Dirinya pun mengungkapkan, bahwa polri khususnya Ditpolair Polda Babel akan terus mencegah ilegal mining yang beroperasi di perairan wilayah Polda Babel. “Masyarakat, pemerintah dan polri, akan terus bekerjasama untuk melakukan pencegahan ilegal mining yang marak beroperasi. Banyak profesi lain yang bisa membantu masyarkat Babel selain menambang,” ucapnya.
Sementara itu Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Gatot Subiaktoro saat dikonfirmasi Radar Bangka, Rabu (25/11) mengatakan penindakan kepolisian Polda Babel dan jajaran Polres akan terus dilakukan. Pihaknya pun mengajak masyarakat agar tidak terlalu penuh mengharapkan mata pencarian tambang. “Untuk angka kasus ilegal mining kita sudah bisa lihat, sekarang sudah menurun. Banyak profesi lain untuk masyarakat Babel untuk mata pencarian,” ungkap Kapolda.
Kapolda pun menambahkan, bahwa menambang boleh-boleh saja, namun ada aturan yang harus dipenuhi. “Kalau menambang juga bisa. Namun harus mengikuti peraturan dan itu legal. Kalau ilegal maka kami akan melakukan penindakan,” tutupnya. (Ode)