Operasi Yustisi Dimulai, Tak Pakai Masker Siap-siap Push Up

by -
Operasi Yustisi Dimulai, Tak Pakai Masker, Siap-siap Push Up
Operasi Yustisi yang digelar di jalan Raya Depan Koramil Manggar, Rabu (16/9) kemarin.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Dalam mengajak masyarakat dalam kebiasaan memakai masker, Tim Gabungan yang terdiri dari Koramil 414-02/ Manggar, Polsek Manggar, Satpol PP dan Instansi terkait mulai menggelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan, Rabu (16/9).

Tim Gabungan melaksanakan tindakan penerapan disiplin bagi pelanggar aturan Peraturan Bupati Beltim Nomor 44 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Covid-19, mulai dari sanksi sosial membersihkan lingkungan hingga push up.

Danramil Manggar Mayor Inf Djoko Lelono mengatakan, kegiatan Operasi Yustisi merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19. Yaitu dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yang salah satunya adalah menggunakan masker.

“Kegiatan ini dilaksanakan memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan masker pada saat keluar rumah, dengan menggunakan masker mengurangi resiko tertularnya virus kepada diri sendiri dan orang lain. Kenyataan masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap Pademi Covid-19 terjadi dibuktikan dengan masih banyak masyarakat yang tidak mengguanakan masker,” ungkap Mayor Djoko kepada Belitong Ekspres.

Kegiatan operasi Yustisi ini kata Mayor Djoko, menerapkan Peraturan Bupati Nomor 44 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Beltim.

“Kegiatan yang dilaksanakan masih bersifat persuasif dengan mencatat identitas, dan memberikan sangsi sosial membersihkan lingkungan dan push up serta diberikan Masker agar masyarakat lebih ingat dan peduli menggunakan masker kedepannya,” tutur Danramil Manggar.

Kalimat senada juga disampaikan Kapolsek Manggar AKP Ulung Baehaki. Kapolsek mengatakan kegiatan ini merupakan terapi kepada masyarakat, agar mau mengikuti anjuran pemerintah untuk selalu menggunakan Masker. Terutama selama berkendaraan baik roda dua maupun roda empat. Dengan demikian masyarakat diharapkan lebih disiplin.

“Peraturan Bupati Nomor 44 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, adalah sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 di Kabupaten Belitung Timur,” tutur AKP Ulung.

Kegiatan Operasi Yustisi yang digelar di Jalan raya depan Koramil Manggar ini, juga diikuti jajaran anggota Koramil, Kapolsek Manggar AKP Ulung Baehaki dan jajaran anggota, Dinas Perhubungan Rully Irkhamsyah beserta anggota, dan Fungsional Pelaksana Satpol PP Yuhinu beserta personil lainnya. (dny)