OPM 2020 Dimulai, Ada 17 Target Sasaran Polisi

by -
OPM 2020 Dimulai, Ada 17 Target Sasaran Polisi
Kasatlantas Polres Belitung AKP Dwi Purwaningsih.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Operasi Patuh Menumbing (OPM) 2020 dimulai, Kamis (23/7). Rencananya kegiatan berlangsung selama dua pekan, mulai tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Kasatlantas Polres Belitung AKP Dwi Purwaningsih mengatakan, ada 17 target sasaran OPM 2020. Yakni jenis pelanggaran lalu lintas, seperti menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm dan bermain handphone pada saat berkendara.

Dalam kegiatan OPM tersebut pihak kepolisian menargetkan turun angka kecelakaan lalu lintas. Berbagai kegiatan akan dilakukan. Diantaranya melakukan razia bagi pengendara motor atau mobil.

Selaim itu, juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat, pelajaran tentang keselamatan berlalulintas. Polisi juga akan melakukan razia kepada pengendara yang melaju dalam kondisi mabuk. Serta pengaruh obat-obatan.

“Untuk razia kendaraan, kita lakukan seperti biasa. Yakni razia disejumlah tempat. Dan juga razia secara keliling, mencari pengendara yang melanggar,” kata AKP Dwi Purwaningsih.

Tidak hanya menekan angka kecelakaan, bahkan jajaran Polres Belitung akan menertibkan pengendara bak terbuka yang melanggar lalu lintas saat melintas di kota. Misalnya melaju dengan bak terbuka namun tidak ditutup bak tersebut dengan terpal.

“Pada saat OPM dimulai, kami menghimbau kepada masyarakat agar mentaati aturan berlalu lintas. Khususnya melengkapi surat-surat seperti SIM dan STNK. Kami berharap dengan adanya operasi ini, angka kecelakaan lalu lintas di Belitung bisa ditekan. Dan masyarakat patuh dengan tata tertib berlalulintas,” tandasnya. (kin)