Optimis Angkat Sektor Pariwisata di Beltim

by -
Bupati Beltim Yuslih Ihza.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Bupati Beltim Yuslih Ihza optimis sektor pariwisata di Kabupaten Beltim akan semakin terangkat jika Fakultas Pariwisata Universitas Bangka Belitung (UBB) benar-benar terealisasi. Dikatakan Yuslih, Pemerintah daerah Kabupaten Beltim sejak awal sudah memberikan dukungan dengan cara menyiapkan lahan pembangunan gedung maupun sarana prasarana lainnya.

“Itu memang sudah seperti itu, bukan lagi rencana, kita sudah sediakan lahan yang di Tanjung Kelumpang sekitar 30 hektar. Waktu itu dimintakan Gubernur, sudah kita berikan lokasi dan peta dari tahun kemarin, tinggal pelaksanaan saja,” ungkap Yuslih seusai melepas Calon Jamaah Haji (CJH) Beltim, Kamis (11/7) kemarin.

Yuslih mengakui, jika UBB mendirikan Fakultas Pariwisata di Kabupaten Beltim tentu memberikan dampak yang positif bagi sektor pariwisata. Ia yakin, hal pertama yang akan dirasakan adalah percepatan pertumbuhan kepariwisataan.

“Mudah-mudahan dengan dibukanya sekolah itu, lebih mensupport pariwisata di Beltim. Saya sendiri optimis walau tidak semudah membalikkan telapak tangan. Saya kedepan yakin karena pariwisata memang butuh kesabaran tapi menjanjikan,” ucap Yuslih.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim Evi Nardi saat ditemui Belitong Ekspres, Kamis (11/7) kemarin. Menurutnya, dukungan bagi berdirinya Fakultas Pariwisata tentu akan mengenalkan Kabupaten Beltim secara lebih luas lagi.

Berbicara tentang pariwisata, Evi Nardi menegaskan potensi yang dimiliki Kabupaten Beltim bukan hanya wisata alam dan buatan. “Kalau rencana untuk pembangunan Fakultas Pariwisata Babel di Beltim, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sangat mensupport dan mengapresiasi atas rencana tersebut. Karena apa, terus terang saja mengenai pariwisata Beltim memang selain fokus di wisata alam dan buatan tapi juga sejarah dan budaya. Hal inilah mungkin pentingnya fakultas pariwisata segera didirikan di Beltim,” bebernya.

Menurut Evi Nardi, banyaknya wisata yang dapat dikembangkan oleh Kabupaten Beltim tentu membutuhkan tenaga-tenaga bidang pariwisata yang tidak sedikit pula. Salah satunya, tenaga-tenaga yang berasal dari sumber daya masyarakat Kabupaten Beltim sendiri.

“Karena memang banyaknya destinasi di Beltim, inilah yang mendorong untuk pengembangan wisata Beltim. Kita mengharapkan dengan didirikannya fakultas pariwisata di Beltim, ada minat dari masyarakat. Anak-anaknya yang potensial untuk masuk menjadi mahasiswa. Hal ini diharapkan untuk kemajuan pariwisata dalam mengejar ketertinggalan kita baik hospitaliti, manajemen industri pariwisata dan lain-lain,” ulasnya. (msi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *