PAD Tahun 2016 Lampaui Target

by -

*Tahun 2016 PAD Lebih dari Rp 67,478 Miliar

TANJUNGPANDAN-Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Belitung, Iskandar Febro menyatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pajak pada tahun 2016, lebih dari Rp 67,478 Miliar. Jumlah sebesar ini tercatat mulai Januri hingga 30 Desember 2016. Dan itu didapat dari Pajak Hotel, Restoran, Hiburan Reklame, Penerangan Jalan, Parkir dan Pajak Air Tanah.

“PAD itu juga termasuk pajak sarang burung walet, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak bumi dan bangunan serta pajak BPHTB. Dan ini, melebihi target yang diamanahkan Pemerintah Daerah (Pemda) sebesar Rp 47,878 Miliar” kata Kepala kepada Belitong Ekspres, Selasa (3/1) kemarin di ruang kerjanya.

Dijelaskan pria yang akrab disapa Iskandar ini menjelaskan, dari 11 subsektor pajak, PAD yang paling besar yaitu pajak mineral bukan logam dan batuan. Dengan total uang yang dikumpulkan sebesar Rp 24,309 Miliar.

“Kalau pajak hotel yang kita dapat selama tahun 2016, sekitar Rp. 7,267 Miliar. Dan itu belum termasuk pajak restoran yang jumlahnya sudah mencapai lebih dari Rp 4,540 Miliar,” ungkapnya.

Menurut Iskandar, jumlah PAD tahun 2016 begitu meranjak begitu fantastis dari tahun 2015 lalu. Sebab, total pajak yang didapatkan pada tahun itu sekitar Rp 51 Miliar. Lantas menigkatnya PAD dari Pajak tahun 2016 bukan berarti seluruhnya sudah membayar, tetapi ada sebagain yang belum menyetor.

“Masih ada beberapa yang belum menyetor pajal kepada kami, dan bagi mereka yang belum membayar kewajiban akan kami tagih. Semua itu, tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2009. Bagi yang melunggak akan dikenakan didenda sebesar dua persen dari jumlah setorannya,” tandasnya.

Kata Iskandar, denda dua persen itu hanya berlaku untuk satu bulan. Lebih dari satu bulan akan meningkatkan dengan angka yang sama. Dan itu berlaku untuk wajib pajak yang sudah terdaftar, jika tidak maka izin operasionalnya akan dicabut.

“Saya harap masyarakat kita taat akan kewajibannya membayar pajak, sebab kontribusi ini sangat bemanfaat sekali. Terutama untuk pembangunan daerah ini kedepannya,” pungkasnya.

(mg2)