Padi Diserang Hama, Babinsa Sarankan Distanhut Bantu Petani

foto-A..-Iputu

Babinsa Serda Iputu Swastika, memantau yang menyerang padi petani.

GANTUNG – Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 414-03/Gantung, Kabupaten Beltim Serda Iputu Swastika, memantau hama yang menyerang tanaman padi di Desa Tanjung Batu Itam, Rabu (24/05) lalu.

iklan swissbell

Saat meninjau lahan padi petani bernama Suradi (51), Babinsa menemukan berbagai permasalahan yang menjadi gangguan dari tanaman padi.

Baca Juga:  Petani di Beltim Banyak Terima Bantuan Alsintan

Suradi merupakan Anggota Kelompok Tani Pelangi dengan luas tanam sekarang ini kurang lebih 50×75 meter persegi. Jenis padi yang ditanam di hamparan sawah  di Desa Tanjung Batu hitam ini berjenis Sibagendut.

Dalam peninjauan itu juga ditemukan berbagai penyakit di antaranya, adanya hama jenis Walang Sangit, Padi Kerdil dan Padi Menguning.

Baca Juga:  Atasi Harga Lada, Distan Beltim Berencana Bentuk Koperasi Petani

Babinsa Serda Iputu Swastika, kepada Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Beltim menyarankan agar dibantu saprodi berupa obat hama.

“Harapan kita bersama dalam masa tanam April September (Asep) ini, dapat meningkatkan hasil panen untuk mensukseskan program swasembada pangan di Kabupaten Belitung Timur,” kata Danramil Kapten Czi Tabrani seijin Dandim.(Pendim Rh)

Tags:
author

Author: