Pak Din: Lakalantas Beltim‎ Minim

by -

*Video Lalu Lintas‎ Menunjukkan Pengendara Semua Pakai Helm

MANGGAR – Dalam durasi 17 menit, atau jika dikalkulasikan satu detik per 10 kendaraan, sedikitnya 14.000 kendaraan roda dua melewati Jalan Pasar Manggar. Semua pengendaranya pun menggunakan helm.

Data tersebut merupakan hasil rekaman video lalu lintas yang diambil oleh Kasat Lantas Polres Beltim, AKP Koirudin HW, beberapa waktu lalu.

“Data ini kita ambil pagi hari, sekira pukul 07.30 WIB, beberapa waktu lalu,” terang Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi, S.IK, melalui Kasat Lantas Polres Beltim AKP Khoirudin HW, Senin (23/2) kemarin kepada wartawan.

Menurut pria yang akrab disapa Pak Din ini, dalam dua bulan terakhir, hanya ada satu lakalantas yang meninggal dunia di wilayah hukum Polres Beltim. Hal ini, lanjutnya berbanding lurus dengan ketertiban berlalu-lintas dan menurunnya angka lakalantas dari tahun sebelumnya.

“Jika lalu-lintas tertib dan pengendara memiliki kelengkapan berkendara, maka kecelakaan akan minim dan menurun. Karena kedua faktor ini berkaitan. Dan mudah-mudahan ini akan berlangsung seterusnya,” ujar Pak Din.

Saat ini, kata Pak Din, Satlantas Polres Beltim sedang melakukan penertiban lalu-lintas di Kecamatan-kecamatan.

“Sekarang sedang konsentrasi di Kecamatan Gantung, kondisinya pun masih semrawut, lalu nanti di Kelapa Kampit,” katanya.

Dijelaskan Pak Din, dalam upaya penertiban di kecamatan-kecamatan tersebut, pihaknya tidak akan melakukan penindakan langsung.

“Terlebih dahulu kita lakukan upaya sosialisasi, lalu peringatan-peringatan kepada pengendara. Terakhir baru penindakan. Jadi bertahap agar masyarakat tidak kaget,” tandas Pak Din. (feb)