Pameran Akan Diselingi Lomba Asah Batu Akik

by -

SUNGAILIAT – Sejumlah kegiatan dalam rangka HUT Kota Sungailiat ke 249 berlangsung meriah. Salah satunya yakni pameran batu akik di Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Sungailiat yang pada pembukaan perdananya, Sabtu (25/4) dihadiri ratusan warga.
Bupati Bangka Tarmizi H Saat mengungkapkan, batu akik yang saat ini sedang digandrungi banyak kalangan bisa dijadikan cinderamata, khususnya bagi para tamu yang berkunjung ke Kabupaten Bangka. “Saya sudah instruksi kepada pak Boy Yandra (Kabag Humas), Pak Zulkarnain Idrus (staf ahli bupati) untuk merumuskannya lebih lanjut sehingga bisa dijadikan cinderamata bagi tamu yang berkunjung ke Kabupaten Bangka. Potensinya sangat besar. Semua kalangan usia menyukainya dan nanti kita aturlah regulasinya,” ungkapnya saat meninjau pameran batu akik, Sabtu (25/4) malam.
Selain itu, kata Bupati, batu akik bisa sangat menguntungkan dari segi ekonomi dan bisnis. Batu akik yang bisa dijadikan buah tangan (souvenir) dinilai bisa mendukung sektor pariwisata.
Pameran batu akik yang akan berlangsung hingga 3 Mei 2015 ini menampilkan batu akik dari 30 pengrajin di Kabupaten Bangka, anggota Polres Bangka dan daerah lainnya.
Ketua Panitia pameran, Zulkarnain Idrus mengatakan pameran batu akik untuk selain memeriahkan hut kota Sungailiat juga untuk membantu para pengrajin dalam memamerkan dan mempromosikan hasil karyanya. “Selain pameran, akan ada juga lomba asah batu akik dengan peserta yang saat ini sudah mencapai 20 orang. Semoga ini bisa memberikan kontribusi positif untuk bidang ekonomi dan juga wisata,” pungkasnya.(Rif)