Panitia Pilkades Beltim Terima Hasil Pleno Penetapan Kades Terpilih

by -
Panitia Pilkades Beltim Terima Hasil Pleno Penetapan Kades Terpilih
Kasi Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa DSPMPD Beltim, Aditya Kusuma.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Panitia Pilkades Kabupaten Belitung Timur telah menerima hasil pleno penetapan Kepala Desa terpilih di 18 Desa. Satu Desa belum melaksanakan pleno yakni Desa Tanjung Kelumpang karena ada sengketa dan menunggu keputusan Panitia Pilkades Kabupaten.

“Hari ini tanggal 20 Juli, kami akan melaporkan ke Ketua Panitia Kabupaten yaitu laporan perolehan suara kepala desa pada pemungutan suara Pilkades lalu. Dari 18 desa sudah resmi kami terima, satu desa masih ada perselisihan,” ungkap Aditya Kusuma selaku Kasi Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) Kabupaten Beltim, Senin (7/20) kemarin.

Menurut Aditya, khusus satu Desa yang masih berselisih soal penetapan Kepala Desa terpilih, Panitia Pilkades sudah mengajukan permohonan tindak lanjut di Kabupaten. Sesuai dengan Perda perselisihan terkait perhitungan suara, panitia masih melakukan pendalaman permasalahan. Apakah ada bukti otentik atau tidak, keputusan menjadi kewenangan pimpinan daerah.

“Oleh panitia di desa sudah memohon tindak lanjut penyelesaian di tingkat panitia Kabupaten. Mudah-mudahan ini tidak melebar dan berlanjut, artinya kita bisa melantik seluruh kades terpilih di akhir bulan ini,” harap Aditya.

Aditya juga menambahkan rencana pelantikan Kepala Desa terpilih dijadwalkan pada akhir Juli mendatang. Saat ini, pihak panitia Kabupaten sedang mempersiapkan Surat Keputusan Pengangkatan Kepala Desa terpilih.

“Terkait dengan pelantikan di tahapan sudah direncanakan di akhir bulan ini. Artinya sesegera mungkin kami menyiapkan terutama SK pengangkatan. Kemudian kami akan mengkoordinasikan pejabat yang akan melantik nanti. Untuk tanggal kami belum bisa memastikan kapan namun di tahapan itu, akhir Juli Insya Allah akan melantik serentak kades terpilih,” jelas Aditya. (msi)