Pantai Mudong di Tanami Ribuan “Cemara Pantai”

by -

*Puncak AcaraPenanaman Pohon Satu Miliar

fto A

Foto A: Pj Bupati Beltim H Hardi, saat melakukan penanaman pohon Cemara Laut secara simbolis dalam Puncak Acara Aksi Penanaman One Billion Tress (OBIT) atau Penanaman Pohon Satu Miliar di Pantai Mudong Desa Padang Kecamatan Manggar, Senin (30/11) kemarin.

MANGGAR – Penjabat (Pj) Bupati Belitung Timur (Beltim), H. Hardi bersama dengan Ketua DPRD Beltim, Tom Haryono Harun, Kajari Manggar, Wadigdo, Forkominda Kabupaten Beltim melakukan penanaman pohon Cemara Laut secara simbolis dalam Puncak Acara Aksi Penanaman One Billion Tress (OBIT) atau Penanaman Pohon Satu Miliar. Simbolis penanaman pohon dilakukan di Pantai Mudong Desa Padang Kecamatan Manggar, Senin (30/11) kemarin.

Puncak acara ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia, yang ditetapkan setiap tanggal 27 Nopember dan Bulan Menanam pada Bulan Desember setiap tahunnya.

Tahun 2015 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim akan menanam sebanyak 1.000 pohon Cemara Laut di Kawasan Pantai Mudong. Ribuan pohon ini ditanam sepanjang di bibir pantai, dengan jarak 1 meter.

Tujuannya tak lain untuk menahan laju abrasi di Pantai Mudong yang dianggap sudah mengkhawatirkan. Pohon ini dipilih mengingat Pantai Mudong berkonstur tanah berpasir sehingga cocok dengan pohon yang bernama ilmiah Casuarina equisetifolia ini.

“Tujuan penanaman Satu Miliar Pohon adalah untuk menambah tutupan lahan dan hutan guna mencegah longsor/ abrasi dan banjir musim hujan, menyerap karbondioksida akibat mitigasu peruahan iklim dan penyediaan bahan baku industri pengolahan kayu, pangan dan energi tumbuhan. Tujuan jangka panjang kita adalah untuk mengurangi emisi karbon sebesar 26-41 persen di tahun 2020,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distnhut) Kabupaten Beltim, Khaidir Lutfi.

Ia mengatakan dalam rangka mendukung gerakan penanaman Satu Miliar Pohon Tahun ini Pemkab Beltim telah dan akan mendistribusikan bibit tanaman, dengan total bibit sebanyak 30.000 batang. Bibit ini terdiri dari, 26.000 batang bibit Gaharu, 2.000 batang bibit Ketapang, dan 2.000 batang bibit Cemara Laut.

“30 ribu bibit tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang berminat baik melaui kelompok tani, kelompok masyarakat, instansi pemerintah/swasta, LSM, sekolah dan lain-lain. Syaratnya, dengan mengajukan permohonan bibit kepada Distanhut Kabupaten Beltim,” jelas Khaidir.

Sementara itu, Pj Bupati Beltim H Hari dalam sambutannya berharap agar kegiatan ini bukan hanya seremoni semata, namun dapat menjadi gerakan moril yang bertujuan mulia menghijaukan negeri.

“Semoga kegiatan ini bukan hanya menjadi lips service semata tapi akan menjadi gerakan mulia untuk menghijaukan dan menyelamatkan negeri ini. Dengan ditanamnya ribuan pohon di Kabupaten yang kita cintai ini, target kita untuk menjaga kelestarian alam dan menghindari dari kemurkaan alam akan tercapai,” ujar Hardi. (feb)

 

 

Dalam kegiatan ini juga diserahkan Piagam Penghargaan Pemenang Lomba Penghijauan dan Konservasi Warna Lestari Kabupaten Beltim Tahun 2015, Piagam Partisipasi Dalam Rangkaian Kegiatan OBIT 2015, serta penyerahan bibit tanaman hutan kepada Desa Padang, Kecamatan Manggar, SMAN 1 Manggar, SMKN 1 Manggar, SMA Pergip Manggar, SMK Stania Manggar, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Beltim, PT Tambang Timah (Persero) Tbk, wartawan, dan LSM. (feb)