Pantau Air dan Sampah, Pemkab Belitung Pasang CCTV di Sejumlah Aliran Sungai

by -
Pantau Sampah, ketinggian Air, CCTV, Pemkab Belitung, Diskominfo Belitung
Kepala Diskominfo Belitung, Muhammad Iqbal ketika melihat layar monitor ketinggian air di salah satu aliran Sungai di Tanjungpandan.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, memasang Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas guna memantau ketinggian air pada sejumlah aliran sungai di Kota Tanjungpandan.

“Kami berharap pemasangan kamera ini dapat membantu memantau ketinggian air sehingga ketika debit air mulai naik dapat diinformasikan ke masyarakat,” kata Kepala Diskominfo Belitung, Muhammad Iqbal, Senin (20/1/2020).

Menurut dia, kamera pengawas ini telah terpasang di lima titik kawasan aliran sungai. Yakni, Jalan Anwar Aid, Bambang Utoyo, Jalan Masda Adisucipto, jembatan Teuku Umar dan aliran Sungai Siburik. “Kamera itu juga berfungsi untuk memantau penumpukkan sampah dan orang yang membuang sampah sembarangan ke aliran sungai,” jelasnya.

Iqbal menerangkan, ke depan pihaknya akan memasang sensor ketinggian air di lokasi itu, sehingga apabila ketinggian air telah mencapai batas maksimum maka akan terdeteksi oleh sensor yang dipasang tersebut. Alat ini juga nantinya akan terhubung dengan mikropon atau pengeras suara yang dipasang di wilayah sekitar aliran sungai tersebut.

“Sebelumnya kami akan buatkan semacam garis imajiner untuk ketinggian air sehingga apabila air sudah mencapai batas maksimum garis imajiner tersebut alarm akan berbunyi,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan adanya pemasangan kamera pengawas ini dapat menginformasikan kepada masyarakat mengenai ketinggian air terutama di lokasi yang rawan banjir. “Informasi ini juga diperlukan oleh beberapa pihak terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup dan BPBD terkait pemantauan titik lokasi rawan banjir,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Iqbal, saat ini jumlah CCTV yang telah terpasang di seluruh kabupaten Belitung ada sebanyak 30 titik, baik di persimpangan, pusat keramaian, pasar, dan kawasan destinasi pariwisata.