Panwas Rekrut 64 PPL, KPUD Rekrut 24 Relasi

by -

//Integritas Jadi Perhatian Utama

MUNTOK – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bangka Barat (Babar) mulai melakukan penerimaan tenaga Panitia Pengawas Lapangan (PPL), kemarin (6/8). Penerimaan ini menurut Ketua Panwaslu Babar Ujang Adhari.,SE guna meningkatkan pengawasan pelaksanaan Pilkada, Desember mendatang.
“Hari ini kita sudah melaksanakan tahapan penerimaan untuk tenaga PPL yang akan membantu tugas dari Panwascam,” ujar Ujang kepada Radar Bangka, Kamis (6/8). Dikatakannya, PPL yang akan direkrut sebanyak 64 orang. PPL sendiri memiliki tugas dan fungsi untuk mengawasi setiap tahapan pelaksanaan pilkada di Babar.
“Ada 64 PPL yang akan kita rekrut dan sekarang beberapa calon PPL sedang melaksanakan tes interview didalam proses rekrutmen ini. Integritas yang menjadi perhatian kita untuk menempatkan PPL disetiap desa yang mengawasi setiap tahapan. Mulai penyaluran logistik, perhitungan suara, kampanye dan lain sebagainya,” tambahnya.
Hal yang sama juga dilakukan KPUD Babar. Dihari yang sama, KPUD juga melaksanakan proses perekrutan Relawan Demokrasi (Relasi). Komisioner KPUD Babar Yulizar mengungkapkan, relasi yang akan diterima sebanyak 24 orang terbagi ke dalam 6 kecamatan yang ada di Babar. “Ada 24 orang akan kita terima sebagai relasi, untuk 6 kecamatan yang di Babar, dan hari ini, Kamis (6/8) sedang dilakukan interview penerimaan tenaga relasi,” ungkap Yulizar.
Ia menjelaskan, relasi yang akan diterima ini berfungsi memberikan penjelasan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif didalam mensukseskan pilkada pada Desember mendatang. “Ada beberapa segmen yang sudah menjadi tugas dan fungsi relasi, yang mana esensi daripada tugas tersebut yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat didalam mensukseskan pilkada di Babar,” ujar dia.
Disinggung berapa target KPU sendiri untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap kepedulian pelaksaan pemilu pada pilkada mendatang, dikatakannya, jika berkaca pada pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) beberapa tahun yang lalu, pada pilkada ini kita menargetkan 80 persen.(ray)