Parah!!, Jalan Jadi Tempat Sampah

by -

*Budaya Hidup Bersih dan Sehat Dianggap Angin Lalu

utama-edisi-03-februari-2017-(2)
Tumpukan sampah yang berserakan di ruas jalan samping pagar SMAN 1 Tanjungpandan.

TANJUNGPANDAN-Budaya perilaku hidup bersih dan sehat nampaknya masih dianggap angin lalu bagi oknum masyarakat yang tak bertanggung jawab. Buktinya prilaku membuang sampah sembarangan masih terlihat di ruas jalan RT 23 Kelurahan Tanjungpendam Kamis (2/2) kemarin.

Pantauan Belitong Ekspres, mulai dari sampah plastik, botol minuman kemasan sampai popok bayi menumpuk dan berserakan di jalan samping pagar SMAN 1 Tanjungpandan tersebut. Selain itu, tumpukan sampah ini juga menimbulkan bau tak sedap.

Ketua RW setempat Hanapi kepada Belitong Ekspres mengatakan, dirinya tidak mengetahui secara pasti sejak kapan tumpukan sampah mulai berserakan di ruas jalan itu. Namun, menurutnya, kejadian tersebut sudah berlangsung cukup lama.

“Kemungkinan sudah lama, kurang tahu siapa yang membuang. Sebab rumah saya jauh dari lokasi tersebut. Meski, sudah ada spanduk pemberitahuan dilarang membuang sampah tetapi tetap saja ada yang buang sampah di situ,” katanya.

Sementara itu, Lurah Tanjungpendam, Vita Widiastuti mengatakan sudah mengetahui informasi adanya sampah yang dibuang sembarangan tersebut. Lantas, pihaknya bersama warga sekitar akan segera melakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah itu.

“Tadi kita sudah melakukan rapat bersama-sama dengan warga. Rencanaya besok (hari ini-red) jam 7.30 pagi kita akan turun untuk membersihkan sampah tersebut,” katanya kepada Belitong Ekspres.

Kata Vita, dirinya sangat menyayangkan ruas jalan dijadikan tempat untuk membuang sampah. Padahal, di situ (lokasi-red) sudah dipasang tanda larangan untuk membuang sampah.

“Kita juga akan mengajak pihak sekolah untuk bersama-sama melakukan kerja bakti mengingat lokasi tersebut berada di samping sekolah,”ujarnya.

Menurutnya, selain menimbulkan bibit penyakit sampah tersebut juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, jangan sampai aktifitas belajar di sekolah menjadi terganggu akibat bau yang tak enak tersebut.

“Sudah jelas-jelas ada spanduk dilarang buang sampah, akan tetapi masih saja ada orang yang membuang sampah. Semoga orang tersebut diberikan hidayah, sebab bahaya akibat dari sampah begitu banyak,”tandasnya.(mg1/mg2)