Pariwisata Belitung Kembali Bergairah

by -
Pulau Lengkuas, Belitung. Dok/BE

Harga Tiket Mulai Stabil, Banyak Even Internasional

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sektor pariwisata Belitung kini kembali bergairah. Hal itu lantaran sudah mulai stabilnya harga tiket pesawat, yang sebelumnya melambung hingga tiga kali lipat dari harga lama.

Ditambah lagi, dalam waktu dekat akan ada penerbangan langsung dari Tanjungpandan – Bandung PP. Belum lagi, beberapa hari ke depan ada even internasional. Yakni Belitung Geopark Internasional Stand Up Paddleboard and Kayak Marathon (BGISKM) 2019.

Rencananya, kegiatan yang mendatangkan peserta dari berbagai negara seperti, Singapura, Malaysia, New Zealand, Canada, France (Perancis) ini, akan berlangsung di Tanjung Kelayang, Jumat (2/8) hingga Minggu (4/8) mendatang.

“Untuk event tersebut positif dilaksanakan pekan depan. Rencana acara ini akan dilaksanakan di Pantai Tanjung Kelayang,” ujar Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Soebagio kepada Belitong Ekspres.

Bergairahnya Pariwisata Belitung mulai dirasakan oleh sejumlah pengelola tour dan travel, salah satunya Kusumah Kosasih. Dia mengatakan, perlahan kunjungan wisatawan ke Negeri Laskar Pelangi mulai bergairah tak luput adanya dua faktor. Pertama tiket pesawat mulai stabil dan juga adanya event-event internasional yang digelar di Belitung.

Di Kabupaten Belitung ada beberapa event internasional yang mampu mendatangkan peserta dari luar Bangka Belitung. Bahkan ada dari mancanegara. Yakni pada saat event Triatlon Trifactor beberapa pekan lalu.

Lantas, beberapa hari ke depan adanya event Kayak Internasional. Tentunya, pulau ini kembali dipadati wisatawan lokal maupun asing. “Adanya event seperti ini sangat berpengaruh mendatangkan wisatawan ke Belitung,” Kata Kusumah, Minggu (28/7).

Oleh karena itu, dirinya berpesan kepada pemerintah, usai menggelar event besar itu harus dilakukan intropeksi dan evaluasi. Khususnya kekuarangan setiap kegiatan. Setelah itu, diperbaiki di even yang akan datang.

“Hal itu perlu dilakukan agar tidak ada kejenuhan bagi wisatawan yang datang. Sehingga Belitung tetap memiliki daya tarik, agar wisatawan bisa kembali lagi berwisata. Serta merekomendasikan kepada rekan-rekan,” harapnya.

Mengenai adanya penerbangan langsung dari Belitung ke Bandung, ia menilai sangat tepat. Sebab, sesuai dengan market yang ada saat ini. Katanya, kebanyakan wisatawan dari luar hampir mayoritas dari Jakarta dan kota kembang.

“Kita akan menjalin sinergitas antara pelaku pariwisata Bandung dan Belitung, serta unsur legislatif. Sehingga nanti akan berdampak positif bagi masyarakat Belitung,” pungkas Kusumah. (kin)