Pariwisata Dinilai Tepat untuk Babel

by -

*Festival Laskar Pelangi  2015 Resmi Dibuka
*Kunjungan Turis Terus Meningkat, Bupati Nyatakan Siap Anggarkan

foto B-tengah 1 utk HL open - Copy

FOTO: AINUL YAKIN/BE
OPENING FLP’15, SUKSES: KA Tajudin (paling kanan) Bupati Sahani Saleh, Rini Ranati, dan sejumlah  tamu undangan memukul alat musik rebana.

TANJUNGPANDAN-Pemukulan alat musik rebana oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Bangka Belitung KA Tajuddin mewakili Gubernur Babel, Bupati Belitung  Sahani Saleh dan perwakilan unsur Forkominda Kabupaten Belitung, menandai dibukanya Festival Laskar Pelangi  (FLP) 2015 di Pantai Tanjungtinggi,  (27/8), kemarin.   Fesitival yang akan digelar hingga 29 Agustus 2015 mendatang  akan diisi sejumlah kegiatan seni dan budaya Belitong serta hiburan musik dari musisi lokal maupun bintang tamu dari Jakarta.
Sebelum membuka FLP 2015,  para pejabat dan tamu undangan disuguhi Tari Selamat datang dari Sanggar Tari Belitong dan Pantun Berebut Lawang dari seniman Belitong.  Nampak hadir pula Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bangka Belitung Ibnu Chuldun, Kepala Imigrasi Tanjungpandna Wahyu Riyanto, Perwakilan PT Ranati Rini dan Hakim.
Hadir pula Danpos AL Mendanau Kapten PM M. Salam, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung Hermanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Belitung Irfan Mauran,  Kapolsek Sijuk AKP Kaya Simatupang, pejabat Kecamatan Sijuk, Kades Sijuk dan Tanjungtinggi serta sejumlah seniman seperti Fitrorozi.
Tajudin dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mendukung secara penuh terlenggaranya event FLP 2015 ini. Dirinya berharap, festival ini terus diselenggarakan tiap tahun sekali, agar dapat menarik wisatan domestik maupun asing untuk datang ke Belitung.
“Tidak dapat dipungkiri acara Karya Andrea Hirata ini merupakan ikon untuk memajukan pariwisata, Babel khususnya di Belitung. Intinya Babel tepat untuk menggarap sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan,” kata Tajudin sembari meminta izin Gubernur yang mendadak dipanggil Presiden bersama gubernur lain se Indonesia di Jakarta.
Disebutkan, perkembangan sektor pariwisata di Babel cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.  Di antaranya, pada  tahun 2007 jumlah turis domestik yang datang ke Babel mencapai 200 ribu orang, dan sekarang sudah mencapai 600 ribu,. Lantas, untuk turis asing juga mengalami kenaikan yang cukup besar, di tahun yang sama 2007, tercatat hanya skeitar 2000, dan sekarang ini mencapai 6000 wisatawan asing.
Dijelaskan Tajuddin, di saat krisis seperti saat ini sektor pariwisata menjadi andalan. Bahkan dengan adanya pariwisata ini, dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan di daerah. “Apalagi Belitung sekarang menjadi tempat pelabuhan khusus ekspror berlabel Halal,” jelasnya.
Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, kegiatan ini merupakan acara positif untuk membangun pariwisata Belitung. Dijelaskan Bupati, acara FLP 2015 ini sudah keempat kalinya dilaksanakan di Belitung.  “Setiap acara FLP, berjalan dengan meriah. Kami berharap, kegiatan ini berjalan sukses dari awal hingga akhir kegiatan,” ujar Sanem, sapaan akrab Bupati yang sempat ditantang  tiga pantun saat sesi Berebut Lawang.
Sanem mengakui, untuk anggaran di tahun ini pemerintah daerah belum sempat menganggarkan dalam APBD. Karena itu, di tahun depan,  soal penganggaran akan diusahakan ada untuk kegiatan FLP ini. “Di saat krisis ekonomi, sektor pariwisata mampu bertahan dari guncangan. Dan sektor pariwista ini membawa multiplayer efek yang banyak, khususnya mampu menumbungkan sektor UKM (usaha kecil menengah,Red),’’ papar Bupati yang  sesekali mengisi sambutannya dengan beberapa joke dan pantun.(kin)