Parkir Dewan Kerap Tergenang Banjir

by -
foto A ok
Salah satu penguna sepeda motor saat menerobos banjir yang baru akan menganangi halaman parkir kantor DPRD Babel.

PANGKALPINANG.-Hujan yang terjadi di Pangkalpinang mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang banjir. Tanpa terkecuali halaman parkir kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Minggu (29/5) petang kemarin, juga turut tergenang.

Drainase atau saluran air diduga tidak dapat menampung derasnya air hujan sehingga menggenangi badan jalan di areal parkir kantor wakil rakyat tersebut. Meski sudah sering terjadi banjir, namun belum ada upaya dari pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera melakukan perbaikan atas saluran air di lahan parkir kantor tersebut.

“Ini masih kecil, biasaya airnya naik ke areal parkir. Memang drainase yang seharusnya dapat mengalirkan air tapi tidak berfungsi,” ujar wartawan Bangka News Online Mahful Aziz.

Sementara hal senada diungkapkan salah-satu staf DPRD Babel, mengatakan kondisi hujan memang kerap menjadi dilema yang harus dihadapi, bukan hanya di dalam kota melainnya saat berada di kantor yang menjadi tempat melakukan aktifitas sehari-hari. Keberadaan drainase diakunya tidak berfungsi secara maksimal. Pasalnya, drainase seharusnya berada sejajar dengan badan jalan tapi ini letaknya lebih tinggi dan jauh dari badan jalan.

“Sudah biasa bang, ini baru hujan sebentar saja air sudah mengenangi jalan diareal parkir. Jika hujannya lama tentu akan naik kelantai parkir kendaraan,”jelas, salah-satu Staf DPRD Babel yang tidak mau namanya dipublikasikan.

Pantauan Radar Bangka di lokasi, drainase yang menjadi tempat aliran air hujan menuju ke penampungan tidak berfungsi. Jika ada drainase di areal parkir kantor DPRD Babel, tidak dapat menampung derasnya air yang mengalir. Tak pelak, akibatnya setiap hujan terjadi sudah dapat dipastikan areal parkir dewan akan terkena dampak banjir.(cr1)