Pasar Tanjungpandan Harus Bersih H-1

by -

*Kehadiran Pedagang Musiman Memang Diizinkan Dinas Pasar

TANJUNGPANDAN-Situasi Pasar Tradisional Tanjungpandan menjelang Lebaran Idul Fitri seperti sekarang ini hampir dipastikan situasi cenderung “semrawut”. Meski cenderung tak beraturan karena banyaknya pedagang musiman, kondisi ini bagi sebagian pedagang maupun pembeli menjadi permakluman karena hanya setahun sekali.
Tak sedikit pedagang musiman ini menjajakan kue, daging sapi, daging ayam, dan berbagai pernak-pernik kebutuhan Lebaran. Kondisi itu membuat pasar tumpah terjadi di hampir semua sudut pasar. Tak heran jika berdampak juga terjadinya kemacetan juga di mana-mana.
Atas kondisi tersebut, Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dalam inspeksi Senin (13/7), kemarin, sempat menjumpai beberapa pedagang. Sanem berbincang dengan pedagang agar bisa merapikan lapaknya di hari terakhir puasa.
“Ini kalau la uda puase de rapikan agik ye. (Ini kalau sudah selesai puasa dirapikan lagi ya),” kata Sanem kepada seorang pedagang bumbu pasar tradisional Tanjungpandan di sela-sela inspeksi mendadak (sidak), Senin (13/7) kemarin.
Di tempat sama Kepala Dinas Kebersihan Pasar dan Pertamanan Kabupaten Belitung Azhar mengatakan untuk momen jelang Lebaran pedagang pasar tumpah diizinkan. Asal hari terakhir puasa atau malam takbiran semua lapak sudah bersih. “Diizinkan dalam rangka hari lebaran saja. Tapi malam takbiran sudah selesai,” kata Azhar.
Tidak hanya pedagang di jalanan, termasuk pedagang kue yang di dalam. Karena itu sudah menjadi komitmen dalam rapat sebelumnya. Azhar juga menyiapkan armadanya hingga larut malam. “Jadi armada kita sampai jam dua malam disiapkan,” tukasnya. (ade)