Pasibraka Basel 94 Siswa Ikuti Seleksi

by -

TOBOALI – Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kembali digelar. Sebanyak 94 siswa dari berbagai SMA sederajat menjalani berbagai tes di GOR Basel, Rabu (23/4) kemarin dengan pembekalan kedisiplinan dalam hal peraturan baris-berbaris (PBB), tingkah laku dan mental.
“Dari jumlah seluruh calon Paskibraka nantinya akan disisihkan menjadi 34 peserta. Jadi tahap yang diseleksi ukuran tinggi badan dan baris berbaris yang dilakukan selama tiga hari. Semoga Paskibraka Basel tahun ini dapat berprestasi menjadi Paskibraka tingkat provinsi maupun nasional,” ungkapnya kepada Radar Bangka.
Sementara dewan penguji Paskibraka Dan Pos AL Toboali Letda A Wibowo menambahkan, peserta seleksi akan melewati beberapa unsur latihan seperti pelatihan dasar penghormatan, kemudian PBB, peraturan militer dasar, penghormatan militer, juga mental fisik. “Tentu nantinya kami akan memupuk kedisiplinan peserta,” jelasnya disela-sela pelatihan.
Menurut Wibowo, salah satu syarat menjadi paskibra dalam seleksi ini, peserta harus memiliki tinggi badan 165 cm, selain itu penekanan ilmu pengetahuan umum dipastikan akan masuk dalam materi pelatihan. Diharapkanya dengan penerapan disiplin ilmu pengetahuan nilai para calon paskib ini tidak hanya melalui PBB saja, tapi yang mental, fisik dan pengetahuannya. “Salah tujuan dilaksanakan kegiatan itu adalah untuk membangun sikap generasi muda yang cinta tanah air, bangsa dan NKRI,” tukasnya.(bim)