Paslon Harus Daftarkan Akun Medsos

by -

MANGGAR – Komisi Pemilihan  Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) meminta para pasangan calon (Paslon) kepada daerah (Kada) mendaftarkan akun media social (Medsos) yang digunakan untuk berkampanye. Pendaftaran akun Medsos seperti facebook dan twitter tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya prilaku black campaign (Kampanye hitam) salah satu Paslon.
“Mereka (Paslon) harus melaporkan dan berhak mengisi form yang sudah disediakan oleh KPUD, silahkan diisi nantinya. Sejauh ini kami juga sudah memberikan form tersebut kepada semua pasangan calon (Paslon) untuk kiranya diisi,” kata Ketua KPUD Beltim, Pirmawan, melalui komisioner Divisi Pengawasan Pemilu dan Kampanye, Arpan Arbaie, kepada Belitong Ekspres, Senin (31/9) kemarin.
Jika sudah didaftarkan, KPUD Beltim tentu akan lebih melakukan pengawasan jika pasangan ingin berkampanye di Medsos tersebut. Akun Medsos resmi tersebut akan selalu diawasi pihak KPUD secara terus menerus.
“Kalau tidak didaftarkan berarti illegal. Nah, jika berkampanye hitam menyerang lawan bisa diancam undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (IT). Dan bisa diproses lebih lanjut oleh pihak kepolisian,” tukasnya.
“Akun resmi juga tidak diperkenankan untuk menyebarkan berita bohong apalagi mendiskreditkan pasangan calon maupun penyelenggara pilkada,” tutupnya. (feb)