Passing Grade Seleksi CPNS 2019 Diturunkan

by -
Passing Grade Seleksi CPNS 2019 Diturunkan
Passing Grade Seleksi CPNS 2019 Diturunkan
Ilustrasi, (Foto: Ist)

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Calon peserta seleksi CPNS tahun 2019 sepertinya lebih mendapat keringanan nilai passing grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) jika dibandingkan seleksi CPNS tahun 2018. Hal tersebut dikonfirmasi Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Beltim, Yuspian, melalui pesan yang diterima wartawan belitongekspres.co.id, Rabu (13/11) kemarin.

“Ada beberapa ketentuan baru yang diberlakukan pada seleksi CPNS 2019, yang berbeda dari tahun 2018,” ungkap Yuspian.

Dikatakan Yuspian, ketentuan baru yang diberlakukan pada seleksi CPNS 2019 seperti adanya tahapan masa sanggah bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi waktu pendaftaran. Masa sanggah ini dimulai sebelum ditetapkan sebagai peserta yang berhak ikut ujian CAT.

“Kalau sebelumnya tidak ada kesempatan membela diri. Begitu tidak lulus, ya tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya. Nah sekarang peserta bisa tahu, syarat administrasi apa yang membuatnya tidak lolos,” kata Yuspian.

Keuntungan lainnya, peserta seleksi CPNS 2019 yang pernah mengikuti seleksi CPNS 2018 dapat menggunakan nilai SKD 2018 bagi peserta yang dinyatakan lulus passing grade (P1) pada seleksi CPNS 2018.

Passing Grade Seleksi CPNS 2019 Diturunkan
Ilustrasi, (Foto: Ist)

“Sepanjang mendaftar dalam kualifikasi pendidikan yang sama dapat memilih nilai terbaik di antara nilai SKD 2018 dengan SKD tahun 2019. ini berlaku untuk seluruh instansi yang melaksanakan seleksi CPNS 2019,” jelas Yuspian.

Selain itu, status akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi saat kelulusan dapat menggunakan salah satu saja agar dianggap memenuhi syarat. Ini hanya berlaku untuk pelamar kategori umum.

Untuk peserta kategori cumlaude, harus berasal dari Perguruan Tinggi dan jurusan dengan status terakreditasi A pada saat tahun kelulusan sesuai ijazah. Serta perubahan pada nilai passing grade untuk kategori pelamar umum, cumlaude dan disabilitas mengacu pada ketentuan pengumuman.

Adapun sebagai perbandingan, SKD seleksi CPNS meliputi TKP, TWK dan TIU. Untuk nilai TKP dari semula sebesar 143 diturunkan menjadi 126 poin. Nilai TWK tahun 2018 sebesar 75 diturunkan menjadi 65 poin. Sedangkan TIU menyesuaikan dengan formasi yang dimunculkan dalam seleksi CPNS 2019.

(Muchlis Ilham | belitongekspres.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *