Pastikan Bebas Covid-19, KPU Beltim Rapid Test Jajarannya

by -
Pastikan Bebas Covid-19, KPU Beltim Rapid Test Jajarannya
Petugas kesehatan RSUD Beltim mengecek suhu tubuh jajaran KPU Beltim yang akan melakukan pengambilan sampel rapid tes. (Istimewa)

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Guna memastikan kesehatan jajarannya, KPU Belitung Timur (Beltim) melakukan rapid test secara bertahap. Pengambilan sampel rapid test yang dilakukan di RSUD Beltim, dimulai dari komisioner KPU hingga PPK dan PPS, Selasa (8/25) kemarin.

Ketua KPU Beltim, Rizal mengatakan pemeriksaan rapid test merupakan salah satu poin yang dituangkan dalam kesepakatan (MoU) KPU bersama Bupati Beltim. Termasuk kesepakatan dengan Dinas Kesehatan sebagaimana tupoksi mereka selama pandemi Covid-19 di Beltim.

“Jadi kami selalu kerjasama dan koordinasi bagaimana perlakuan protokol kesehatan setiap tahapan Pilkada dan (salah satunya) untuk pemeriksaan ini (rapid test),” ujar Rizal saat ditemui usai melakukan pemeriksaan rapid test.

Sebelumnya, kata Rizal, jajaran penyelenggara pemilu yang lebih awal diminta melakukan pemeriksaan rapid test adalah petugas coklit (PPDP). Namun hal tersebut urung terlaksana sebagaimana surat balasan Bupati Beltim dan hanya sebatas pemeriksaan kesehatan biasa.

“Nah sekarang Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas kesehatan melalui RSUD sudah siap melakukan rapid test kepada KPU Beltim. Tujuannya adalah guna memastikan penyelenggara di tingkat kabupaten maupun kecamatan dan desa benar-benar bebas dari gejala Covid-19,” ujarnya.

Tujuan lainnya, KPU Beltim saat ini sedang mempersiapkan tahapan pendaftaran bakal calon Bupati dan wakil Bupati, 4-6 September. Menurut Rizal, KPU Beltim ingin memastikan jajarannya aman dari Covid ketika pendaftaran bakal calon dimulai. Sebab biasanya, pendaftaran akan melibatkan banyak orang yang mendampingi bakal calon. “Jadi kami memastikan bebas dari gejala covid-19 jadi mereka tidak ada keraguan lagi saat akan datang ke KPU,” ujarnya.

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Beltim, Asrikhah mengatakan total keseluruhan yang mengikuti rapid test sebanyak 325 orang.

“Hari ini 35 orang, komisioner beserta staf Sekretariat dan tenaga pendukung. Ini dilakukan secara bertahap. Mulai hari ini dan akan dilanjutkan minggu depan. Terdiri dari PPK, PPS beserta Sekretariat wilayah Kecamatan Manggar, Dendang, Simpang Pesak, Simpang Renggiang. Tahap selanjutnya 7-10 September meliputi Kecamatan Kelapa Kampit, Damar dan Gantung,” ujar Asrikhah.

Dia menambahkan rapid test, bertujuan untuk memastikan bahwa kondisi KPU Kabupaten Beltim dan jajarannya dalam kondisi baik dan sebagai bentuk ketaatan terhadap penerapan protokol kesehatan. (msi)