Pawai Angkat Potensi Lokal Belitung

by -

*Ribuan Warga Tumpah Ruah Saksikan Pawai HUT RI ke 70

foto A- pawai 2015 - Copy

FOTO: YUDIANSYAH/BE
ANAK MUDA BERTANI, SIAPA TAKUT?: Salah satu peserta pawai pembangunan dari SMP Negeri 3 Tanjungpandan yang mengusung tema Belitung Inovasi, Bermartabat dan Berdaya Saing. Kreasi yang ditampilkan mengangkat potensi pertanian dan perkebunan di Belitung.

TANJUNGPANDAN-Sebanyak 259 peserta ambil bagian dalam pawai pembangunan Kabupaten Belitung tahun 2015, Kamis (27/8) siang kemarin. Berbagaimacam kreasi dan tema ditampilkan peserta saat pawai memeriahkan HUT RI ke 70 tersebut.
Peserta yang terbagi dari kategori pejalan kaki, sepeda hias, motor hiasa dan mobil hias ini, melewati rute Jalan Ahmad Yani, Sriwijaya, Jalan Gegedek, Pusat Kota Tanjungpandan dan finish di kawasan Pantai Tanjungpendam.
Pantauan harian ini, ribuan warga masyarakat tumpah ruah memadati sepanjang jalan rute pawai. Mereka sedari siang hari sudah rela menunggu di bawah terik panasnya matahari.
Tirta salah satunya, yang rela berdesak-berdesakan menonton pawai di ruas Jalan Bundaran Tugu Satam, Pusat Kota Tanjungpandan.
“Biar panas dan buat kulit itam, tapi puas nonton pawai hari ini,” ujar dara cantik berhijab itu.
Ia mengaku lebih tertarik dengan tema-tema yang mengangkat potensi sumberdaya lokal, yang ditampilkan dalam agenda tahun tersebut.Semisal potensi pariwisata, kelautan perikanan, perkebunan, dan potensi tiap-tiap desa. Ada yang juga kreasi unik dan lucu yang membuat tertawa.
“Kayak tadi dari Membalong menampilkan kreasi dan tema cara pembuatan gula aren, ajakan untuk menanam sahang (Lada-red) dan masih banyak yang lainnya,” akunya. (yud)