PBVSI Belitung Akan Kejuaraan Voli Piala Gubernur, Total Hadiah Rp 50 Juta

by -
PBVSI Belitung Akan Gelar Kejuaraan Voli Piala Gubernur, Total Hadiah Rp 50 Juta
Foto ist

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Belitung akan menggelar Kejuaraan Bola Voli Piala Gubernur Bangka Belitung (Babel) Tahun 2021. Kejuaraan tersebut terbuka untuk umum bagi pemain dan tim yang berdomisili di Provinsi Babel.

“Piala Gubernur ini sudah direncanakan sejak tahun 2020, tapi karena Pandemi Covid-19 akhirnya akan digelar bulan Mei 2021 mendatang,” kata ketua PBVSI Belitung Vina Cristyn Ferani kepada Belitong Ekspres, Kamis (8/4) kemarin.

Menurut Vina, pendaftaran Kejuaraan Piala Gubernur itu mulai Selasa (6/4) hingga Senin (24/5) mendatang. Yakni, dengan kuota pendaftaran 30 tim putra dan 30 tim putri. Rencananya kejuaraan tersebut menggunakan sistem gugur. “Terbuka untuk umum, pendaftaran per tim senilai Rp 400 ribu,” ujarnya.

Lebih lanjut Vina mengatakan, pembukaan kejuaraan Bola Voli dilakukan 28 Mei dan akan dibuka langsung oleh Gubernur Bangka Belitung. Untuk total hadiah ataupun uang pembinaan yang akan diberikan sebesar Rp 50 juta.

“Persiapan sejauh ini, kita sudah bentuk panitia dan tim wasit sudah ditetapkan, dan acaranya akan dilaksanakan di GOR Tanjungpandan. Meskipun Dispora akan segera direnovasi, namun kita akan koordinasi, agar kita masih diberikan kesempatan untuk menggelar piala gubernur sebelum direnovasi,” tukas Anggota DPRD Belitung itu.

Oleh karena itu dia juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Belitung yang akan merenovasi GOR Tanjungpandan. Sebab, dengan sarana dan prasarana yang memadai, merupakan dukungan terhadap atlet untuk berprestasi.

“Mudah-mudahan masih bisa disanggupi oleh pemda untuk kita menggelar Piala Gubernur ini sebelum dimulai renovasi. Pasalnya, kegiatan itu tidak akan memakan waktu lama yakni hanya sekitar 10 hari,” harap Vina.

Kemudian terkait penerapan protokol kesehatan tentunya akan jadi perhatian yang sangat serius. Bahkan Gubernur Bangka Belitung akan menyediakan alat deteksi Covid-19 GeNose untuk pemain dan lain-lainnya.

“Kita akan terapkan Protokol Kesehatan, memakai masker, cek suhu, cuci tangan, jaga jarak dan juga pembatasan untuk penonton. Yakni hanya menerimah 50 persen dari kapasitas gedung,” tukas politisi PDI Perjuangan ini.

Vina berharap agar Bola Voli Belitung khususnya dan Babel umumnya itu maju, salah satunya menggelar turnamen semacam ini. Karena atlit punya kesempatan untuk mengukur hasil dan efektivitas dari latihan mereka. “Kita tidak mau hanya jago kandang sendiri, tapi kita mau atlet Belitung berpestasi di luar Belitung sampai tingkat Provinsi hingga Nasional,” paparnya.

Di sisi lain lanjut Vina, jika melihat ke belakang bahwa beberapa tahun terakhir Tim Bola Voli Belitung tidak ada prestasi yang membanggakan. Apalagi di Pekan Olahraga Provinsi Bangka Belitung.

“Belitung itu punya banyak sekali atlet Bola Voli, tinggal diasah dan PBVSI lebih menyediakan wadah dan sarana. Dan turnamen semacam ini yang jadi penyemangat mereka,” sebut Vina.

Dia menambahkan, beberapa event besar bakal dilaksanakan di Belitung. Belitung akan menjadi tuan rumah Popnas Cabang Voli Pantai pada bulan Agustus 2021 mendatang. Selain itu, juga acara paling bergengsi tingkat dunia akan diselenggarakan Voli Pantai Asia Pasifik pada Oktober 2021 mendatang. (dod/adv)