PDAM Tambang Cemari Kualitas Air Baku

by -

MANGGAR – Kualitas sumber air baku unit PDAM Gantung Kabupaten Belitung Timur (Beltim) diakui mengalami gangguan dan penurunan kualitas. Akibatnya, PDAM tidak bisa mendistribusikan air bersih ke rumah-rumah pelanggan. Padahal, unit PDAM Gantung adalah salah satu unit yang memiliki pelanggan terbanyak dan terbaik se wilayah Beltim. Gangguan ini diduga akibat adanya aktifitas penambangan di sempadan sungai. Sehingga sumber air baku mengalami gangguan dan penurunan kualitas secara kimiawi.

 

“Akibat aktifitas tambang ini, tingkat kekeruhannya diambang batas dan ada unsur mineral yang tidak layak disalurkan ke masyarakat yang memerlukan air bersih,” ujar Ketua Tim Pengawas PDAM Kabupaten Beltim, Mathur Noviarsyah, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/2) kemarin.

 

Mathur yang melakukan pengecekan langsung sehari sebelumnya, Selasa (2/2) kemarin, juga sempat mendengar adanya bunyi mesin yang melakukan aktifitas tambang yang tak jauh dari lokasi. Aktifitas tambang diduga masih berada di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Lenggang dan sekitarnya.

 

“Suara mesin tambang terdengar jelas dari sekitar pantauan sumber air baku PDAM Gantung,” ungkap Mathur.

 

Karena itu, ia menghimbau, aktifitas tambang di dekat atau berada di sempadan Sungai Lenggang yang dijadikan sumber air baku, sebaiknya harus dihindari . Sebab, kondisi air baku bisa berwarna kemerahan pada waktu tertentu. Dimulai dari kekeruhan dengan intensitas ringan, sampai kekeruhan tinggi yang ditandai dengan kepekatan warna air.

 

“Kekeruhan ada waktu dan jam-jam tertentu. Dari mulai keruh ringan sampai paling keruh dan tergangung tinggi rendah permukaan air di bendungan (Pice, red), itu pada saat buka tutup pintu air,” jelas Mathur.

 

Kondisi diperparah dengan adanya kerusakan filter air sehingga berdampak pada kualitas air yang dihasilkan sebelum masuk kedalam proses kimiawi. Padahal filter air berfungsi sebagai penyaringan air secara mekanis melalui bak-bak tampung menuju proses kimiawi.

 

“Air merah pada waktu mengalami gangguan. Jadi, ditambah PDAM Gantung sedang memperbaiki filter air. Filter air adalah satu fasilitas yang berfungsi meningkatkan kejernihan air, ada proses penyaringan air secara mekanis. Melewati bak-bak dari keruh menjadi benih, dari situ baru ke proses kimiawi. Kualitas itu ditambah pompa mekanis yang rusak,” terang Mathur.

 

Kabupaten Beltim, sebut Mathur, termasuk Kabupaten yang bergantung ketersediaan air bersih, karena tidak semua air permukaan bisa menjadi air baku. Dan, Sungai Lenggang sebagian terbentuk secara alami, walau pernah ada penambangan menggunakan kapal keruk di masa kejayaan PT.Timah lalu.

 

“Saya berharap agar jangan ada lagi kegiatan tambang di kawasan tersebut. Karena ini sangat terpengaruh terhadap ketersediaan air bersih yang sangat diperlukan oleh masyarakat yang menggunakan PDAM di wilayah Gantung,” tandasnya. (feb)