PDIP Bantah Tak Dukung Pelantikan PAW

by -

*Alasan Masih Tunggu SK, Diprediksi Akhir November Beres

 

 

MANGGAR-Lambatnya proses pelantikan anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW) di DPRD Kabupaten Belitung Timur (Beltim), menjadi spekulasi politik dari berbagai kalangan di Beltim. Kabar yang beredar, terhambatnya proses PAW ini ditudingkan justru ke internal partai itu sendiri. Kabar santer pun tertuju kepada PDIP, meski kabar ini langsung dibantah oleh Tom Haryono.

 

Ketua DPRD Beltim, Tom Haryono Harun, mengatakan, ingin mengklarifikasi terkait pelantikan dua orang anggota DPRD pengganti. Yang jadi sorotan pula pada masalah ini PAW sementara ada beberapa masalah internal partai belum selesai.

 

“Saya mengklarifikasi dan membantah terkait terlambatnya pelantikan PAW dari dua anggota DPRD. Sebenarnya sangat sederhana begitu SK PAW dari PDIP itu keluar maka akan segera dilakukan pelantikan PAW. Sebab, Saya sendiri tak ingin itu diperlambat lagi. dan Saya akan segera memanggil Sekwan untuk membahas pelantikan PAW, “ungkap Tom, saat berbincang dengan harian ini, Rabu (4/11) kemarin.

 

Menurut Tom, jika waktunya tak terlalu lama, maka akan dilaksanakan pelantikan PAW secara serentak. Maka dari itu akan baiknya pelantikan dilakukan untuk satu kali saja. Terlambatnya PAW di PDIP dikarenakan mereka menunggu SK pemberhentian Fezzy Uktolseja dan setelah SK tersebut keluar maka baru mereka melakukan pengajuan SK untuk PAW ke Gubernur Babel.

 

“Karena kita sebelumnya menunggu SK pemberhentian Fezzy Uktoseja dan dari dasar SK tersebutlah kami baru mengajukan SK untuk PAW ke Gubernur Babel. Saya tak ingin Fezzy yang sebagai calon wakil Bupati lepas atau gugur, dan sebagai anggota DPRD Beltim pun berhenti. dan sungguh sangat disayangkan jika hal demikian terjadi,” sebut Tom sembari mengupamakannya dengan kata bergantung tak bertiang.

 

Namun, lanjut Toim, untuk partai lain Tom tak membantah, karena itu adalah hak mereka. Ia pun mengasumsikan SK PAW dari PDIP kemungkinan akan keluar pada minggu ke 3 November. Dan jika lebih cepat, maka akan lebih baik.

 

“Jika memang SK untuk PAW dari PDIP keluar di minggu ke tiga maka, kemungkinan akan dipercepat pelantikan pada minggu terakhir November mendatang, kan lebih elok jika pelantikan tersebut dilakukan satu kali saja,” ujar Tom.

 

Diterangkan Tom bahwa mekanisme semua partai itu sama, Namun keterlambatan untuk di PDIP dikarena kan SK pengangkatan PAW dilakukan setelah SK pemberhentian Fezzy Uktolseja (Cawabup di Pilkada, red), karena itulah mekanisme yang ada di partai PDIP.

 

Tom menyarankan jika memang itu terlaksana maka kemungkinan pelantikan tersebut akan dilaksanakan pada minggu akhir bulan November mendatang.

 

Untuk PAW Fezzy Uktoseja, Tom memastikan akan digantikan oleh Helminton dapil 1 Manggar – Simpang Renggiang. Maka dari itu menurut Tom PDIP akan secepatnya mengurus terbitnya SK PAW agar dengan segera pelantikan PAW pun akan terlasana.

Diberitakan sebelumnya sudah ada 2 anggota di DPRD Beltim yang sudah lama menerima SK PAW dari Gubernur Babel, H.Rustam Effendi. mereka adalah dari PKS dan Nasdem.

 

Mereka akan menggantikan Musdiyana (PKS) mencalonkan Wakil Bupati di Pilkada Ia adalah Marwan dapil 2 Gantung – Simpang Pesak dan Dendang, dan menggantikan Almarhum Suradio Tuwirio (Nasdem) yang meninggal dunia beberapa waktu lalu digantikan oleh Suhartini untuk dapil 2 Gantung – Simpang Pesak dan Dendang. (feb)