PDIP Jaring Cagub

by -

*PPP Siap Usung Kader Terbaik
SEPERTI saat menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak sebelumnya, menghadapi hajatan serupa di tahun 2017 ini, PDI Perjuangan kembali mengambil start pertama.  PDI Perjuangan Babel sudah ancang-ancang melakukan penjaringan kandidat Bakal Calon (Balon) Gubernur/Balon Wakil Gubernur
Partai berlambang moncong putih itu akan membuka penjaringan dan memberikan kesempatan kepada semua anggota masyarakat yang merasa mampu bersaing memperebutkan kursi Kepala Daerah Babel.  Baik dari internal maupun eksternal PDI Perjuangan.
Demikian dijelaskan  Sekretaris DPD PDI Perjuangan Babel, Adet Mastur kepada wartawan kemarin (15/3). Ia mengatakan, saat ini pihaknya sudah mempersiapkan penjaringan dengan membentuk panitia pendaftaran Balon Gubenur dan Balon Wagub.   “Nanti akan kami umumkan, kami mempersilahkan siapa saja yang ingin mendaftarkan diri, PDI Perjuangan terbuka bagi internal maupun eksternal,” jelasnya.
Ditambahkannya, sistem penjaringan Balon nantinya sama dengan sistem penjaringan yang dilaksanakan pada Pilkada 2015 yang disertai fit and propert tes yang dilakukan partai dan juga melibatkan tim survey figur calon sebagai salah satu penunjang untuk menetapkan calon.  “Intinya siapa yang mepunyai nilai-nilai yang tinggi itulah yang akan kita ajukan. Kami juga melihat orang ini laku dijual atau tidak? Kalau tidak menjual tidak mungkin kita ajukan, PDI Perjuangan menentukan orang-orang yang mempunyai figur di tengah masyarakat. Tim survey tetap kita turunkan untuk melihat popularitas Balon yang mendaftar tinggi atau tidak,” terang Adet. Apa yangdikemukakan Adet Mastur ini, sejalan dengan yang pernah dikemukakan salah satu pengurus DPP PDIPerjuangan yang juga anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Babel, Rudianto Tjen.  PDI Perjuangan dalam menetapkan calon selain melalui mekanisme penjaringan yang berlaku untuk kader internal maupun dari luar, juga dilakukan dengan survey yang dilakukan lembaga independen.  ”Untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur pada akhirnya memang ditetapkan oleh Ketua Umum Ibu Megawati Soekarno Putri, sedangkan untuk Bupati dan Walikota itu pengurus DPP,” ujarnya.  Bagaimana dengan peluang petahana Rustam Effendi yang notabene Ketua PDI Perjuangan Babel? ”Beliau tentu menjadi prioritas mengingat posisi beliau sebagai incumbent,” ujar Rudianto Tjen kepada Babel Pos belum lama ini.PPP Usung Kader Terbaik   Sementara itu, DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Babel menyatakan siap mengusung kader terbaik. Namun sebelum itu, partai berlambang ka’bah ini berharap muktamar partai yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat dapat berjalan lancar. Hal tersebut demi keikutsertaan di pesta demokrasi itu. “Kita di daerah berharap semua berjalan lancar. Dan kita harus bersatu, karena tidak ada P1, P2 yang ada PPP,” jelas Plh Ketua DPW PPP Babel, Azwari Helmi.  Helmi menyakini, PPP dapat mengusung kader sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur di Pilkada 2017. Apalagi ada jutaan simpatisan dan kader yang ada di Babel ini yang siap bertarung. “Kita siap munculkan kader-kader terbaik dari partai, dan kita yakin banyak orang pintar disini untuk memimpin Babel,” imbuhnya. Untuk itu, dirinya mengajak para kader PPP untuk tidak membuat kubu di dalam partai. “Makanya kita harap muktamar yang akan dilaksanakan bulan depan akan berjalan dengan lancar, kemudian akan dilanjutkan pada muswil di daerah,” tutupnya.(tob)