PDIP Kantongi Nama Basuri dan Parhan Ali

by -

PANGKALPINANG – Dua nama dikantongi DPD PDI Perjuangan Bangka Belitung (Babel) sebagai calon kuat di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2015. Diantaranya, ada nama Basuri Tjahaja Purnama sebagai calon Bupati Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dan Parhan Ali sebagai calon Bupati Kabupaten Bangka Barat (Babar).
Ketua kehormatan dan pemenangan Pemilu DPD PDIP Babel Didit Srigusjaya membenarkan hal tersebut sesuai usulan yang telah diterima PDI Perjuangan. Kendati demikian, Basuri dan Parhan baru dalam bentuk usulan karena masih ada mekanisme partai yang harus dijalankan. “PDI Perjuangan sedang melakukan survei internal, Insya Allah dilakukan pada Mei. Survei ini, salah satu komponen siapa yang kita usul untuk Pilkada kedepan,” ujarnya, Rabu (15/4) kemarin.
Sebelum memutuskan calon kepala daerah yang menggunakan kendaraan Banteng Moncong Putih itu, ia menuturkan, bawha DPD PDIP Babel tentunya melaksanakan langkah dan tahapan menuju Pilkada sesuai mekanisme yang ada. “Ada sebuah usulan pak Parhan selaku calon Bupati Bangka Barat dan Belitung Timur pak Basuri. Itu baru sifatnya usulan dan mereka sudah membangun komunikasi dengan PDI Perjuangan. Ini usulan dan DPD akan membentuk tim seleksi calon kepala daerah dalam Pilkada. Yang sudah begitu responnya pak Parhan dan pak Basuri,” imbuh Didit.
Sedangkan untuk komunikasi politik, Ketua DPRD Babel itu melanjutkan, ada beberapa Parpol yang sudah melakukan komunikasi politik dengan PDIP di empat kabupaten, dengan tujuan yang sama yakni, membangun Bangka Belitung. Sedangkan untuk kubu KIH atau KMP menghadapi Pilkada, Didit menyampaikan, untuk di Babel tidak begitu rasional. “Untuk KIH dan KMP, saya rasa di Bangka Belitung, secara insting politik KIH dan KM bukan menjadi faktor utama. Bagi PDI Perjuangan, kita ingin menang Pilkada. Yang pasti, kita akan membangun komunikasi politik baik itu dengan KIH atau KMP,” tukas Didit.
Menanggapi hal itu, Bupati Beltim Basuri menuturkan, masih menjajaki komunikasi politik dengan beberapa Parpol. Bisa ke PDI Perjuangan maupun Parpol lainnya. Disinggung bakal dicalonkan dari PDI Perjuangan, Basuri sedikit sumringah dan merasa beruntung jika benar-benar PDI Perjuangan menjagokannya maju dalam perhelatan pesta demokrasi lima tahunan itu. “Ke PDIP atau ke partai mana, bisa siapa saja. Kalau PDIP saya bersyukur, ya bagus. Tapi untuk maju, rodanya masih kurang dua,” pungkasnya.(iam)