Pecah Ban, Truk Kaolin Hajar Pembatas Jalan

by -
Truk pengangkut kaolin BN 4933 LB pecah ban dan menabrak pembatas Jalan Jendral Sudirman, Desa Perawas, persisnya di depan SMAN 2 Tanjungpandan, Kamis (26/4) siang kemarin.

Truk pengangkut kaolin BN 4933 LB pecah ban dan menabrak pembatas Jalan Jendral Sudirman, Desa Perawas, persisnya di depan SMAN 2 Tanjungpandan, Kamis (26/4) siang kemarin.

 

TANJUNGPANDAN – Akibat pecah ban saat melaju dengan kecepatan sedang, truk pengangkut pasir kaolin menabrak pembatas jalan Jendral Sudirman Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Kamis (26/4) kemarin.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal truk BN 4933 LB ini. Namun akibat kecelakaan itu, kerugian materil diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Sebab, truk menabrak pembatas jalan satu arah di lokasi hingga mengalami kerusakan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres di lapangan menyebutkan, peristiwa nahas ini terjadi sekira pukul 11.00 WIB. Saat itu, truk yang dikemudikan Muhammad Yusuf (30) warga Jalan Pattimura melaju dari arah Bandara menuju ke Tanjungpandan.

Setiba di lokasi persisnya dekat SMAN 2 Tanjungpandan, ban depan truk pecah hingga mengalami oleng. Akhirnya sang sopir membelokan setir ke kanan dan masuklah ke garis pembatas jalan dan menabrak beberapa tanaman yang ada di lokasi.

Adanya peristiwa ini sempat memacetkan arus lalu lintas jalan yang menuju Bandara HAS Hanandjoeddin dan Tanjungpandan. Beruntung polisi tepat waktu untuk datang ke lokasi.

Saksi mata di lokasi, yakni Eko Santoso mengatakan, saat kejadian dia melihat secara langsung.

Menurut pria yang bekerja di sekitar lokasi saat itu kondisi lalu lintas di Jalan Jendral Sudirman Perawas memang cukup sepi.

Akan tetapi, tiba-tiba dia mendengar ledakan dan berbunyi nyaring, setelah dilihat ternyata truk warna kuning kecoklatan ini oleng hingga menabrak pembatas jalan. Warga sekitar setelah mengetahui itu langsung menolong sang sopir.

“Saya melihat jaraknya sekitar 50 meter. Saat oleng truk belok ke kanan menabrak pembatas jalan, dan terseret hingga 30 meter, dari tempat truk terhenti,” kata Eko kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Satlantas Polres Belitung Bripka Kasnadi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan tersebut. Sekarang pihaknya masih menangani kasus ini.

“Untuk korban (sopir) selamat, tidak terjadi luka serius. Kami masih memeriksa saksi-saksi yang berada di lokasi kecelakaan truk tua ini,” ungkap Bripka Kasnadi saat berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Dalam kasus ini, polisi juga akan memeriksa kondisi truk warna kecoklatan tersebut. Seperti izin operasi, hingga kelayakan mobil itu, dalam mengangkut barang seperti pasir kaolin. Serta sertifikasi pengemudi.

Truk pengangkut kaolin ini baru bisa dievakuasi polisi sekitar pukul 14.00 WIB. Hal itu terkendala mencari tukang derek, untuk mengangkut mobil tua tersebut. “Saat ini barang bukti sudah berada di Unit Laka Lantas,” katanya. (kin)