Pedagang 100 Persen Pindah ke Pasar Desa Mekar Jaya

by -
foto kriian
Kepada Disperindagkop Beltim, Syahrial berdialog dengan pedagang.

MANGGAR – Pasar Lipat kajang Manggar, dinyatakan sudah 100 persen pindah ke pasar baru, yakni pasar Desa Mekar jaya Manggar, yang mulai diberlakukan sejak Minggu (5/6) kemarin. Sesuai perjanjian yang dilakukan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Beltim, beberapa waktu lalu, menyatakan sebelum bulan Ramadhan semua pedagang pasar sudah harus meninggalkan pasar Lipat Kajang.

“Alhamdulillah, semua pedagang dan pembeli Pasar Lipat Kajang, kembali bertemu di pasar Desa Mekar Jaya. Dan kini semua sudah berpindah dan dinyatakan 100 persen, pedagang sudah memenuhi permintaan akan adanya renovasi yang dilakukan dipasar Lipat Kajang. Kini semua pedagang sudah mulai mengisi kios/plang dagangannya di pasar Desa Mekar Jaya, Manggar, sejak hari ini, Minggu (5/6) kemarin,” ungkap Kepada Disperindagkop Beltim, Syahrial saat melakukan peninjauan di pasar Desa Mekar Jaya Manggar, Minggu (5/6) kemarin.

Syahrial yang didampingi Kepala Kantor Kesbangpol Beltim, Yusmawandi menyempatkan berdialog dengan pedagang saat melakukan peninjauan. Dan sebagaian pedagang hanya berkeluh kesah masalah kecilnya ukuran plang khusus pedagang ikan.

“Yah, keluh kesah tersebut,kita tanggapi. Kami juga mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pedagang yang sudah melakukan perpindahan pasar, sesuai dengan yang disepakati sebelumnya,” ujar Syahrial.

Karena menurutnya, ada sebagaian Kabupaten di Indonesia yang menggagalkan rencana renovasi pasarnya, dikarena kan permintaan pedagang yang ingin pindah usai lebaran. Padahal perencaan tersebut sudah harus meninggalkan pasar sebelum bulah Ramadhan.

Dari pantauan Belitong Ekspres, saat ikut melakukan peninjauan pasar, nampak antusiannya antara pedagang dan pembeli di pasar Desa Mekar Jaya, sepertinya memberikan warna tersendiri dipasar baru tersebut. Bahkan dari antusianya pedagang dan pembeli ini, Syahrial berencana kedepan pasar Desa Mekar Jaya ini akan tetap digunakan sebagai pasar sore bagi warga masyarakat Beltim.

“Rencana kedepan pasar ini (Pasar Desa Mekar Jaya, red) akan tetap kita gunakan sebagai pasar sore untuk warga Beltim. Selain pasar Lipat Kajang, digunakan sebagai pasar pagi nantinya,” terangnya.

Memang pasar yang baru ini masih ada terkendala beberapa hal, salah satunya masalah parkir kendaraan, yang masih nampak tak tertata rapi. Namun Disperindagkop dan dinas terkait kedepan akan melakukan pembenahan. Disamping jalan tersebut merupakan jalan umum yang menghubungi kecamatan Manggar dengan Kecamatan Damar dan Kelapa Kampit.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Dishub (DLAJJ) dalam hal pengaturan parkir dan lalu lintas, di bagian luar pasar, dan untuk parkir didalam pasar nanti akan dikelola oleh pihak Desa sendiri. Karena mengingat jalan ini juga merupakan jalan umum (Utama) yang menghubungkan antara kecamatan Damar, dan Kelapa Kampit menuju Kecamatan Manggar atau sebaliknya, apalagi didepannya ada jembatan penghubung,” imbuh Syahrial.

Saat ditanya wartawan, kapan pasar yang lama (Lipat Kajang) akan dilakukan renovasi, Ia mengatakan akan dilakukan secepatnya, karana memang saat ini sudah dilakukan verifikasi.

“‎Dan mudah mudahan secepatnya akan dikerjakan. karena saat ini juga dilakukan verifikasi dan jika sudah selesai baru akan dilakukan lelang, setelah itu baru dilakukan pengerjaan,” jawab Syahrial.

Sementara itu, pedagang pasar ikan, Yanto (35) saat ditanya tanggapan akan keberadaan pasar baru ini, mengatakan dirinya sangat senang bisa kembali bertemu dengan pembeli meski ada beberapa hal yang dianggap masih kurang.

“Yah merasa senang, bisa kembali bertemu dengan pembeli di sini, dan meski ada beberapa hal yang masih kurang. Seperti plang yang kecil, serta lokasi parkir yang belum memadai, semoga kedepan akan segera dilakukan perbaikan, dan mudah mudahan pasar Lipat kajang akan segera dilakukan perbaikan, sehingga kami bisa kembali berada di pasar tersebut,” katanya.

Sementara itu, dari pantauan Belitong Ekspres, lokasi pasar Lipat Kajang Manggar, memang sudah kosong, dan sepi. Bahkan hanya nampak beberapa orang warga yang sedang membersihkan lokasi pasar tersebut. (feb)