Pedagang Diminta Tak Jual Apel Amerika

by -

TANJUNGPANDAN- Pasca keputusan Kementrian Perdagangan untuk melarang penjualan apel Amerika serikat, jenis gala royal dan Granny Smith, Dinas Perindustrian Dan perdagangan Kabupaten Belitung (Disperindag), langsung bertindak cepat.

Petugas Disperidag langsung melakukan pemeriksaan ke lapangan untuk menghimbau para pedagang buah eceran segera menarik dan tidak memperjual belikan produksi apel dari Amerika Serikat tersebut.

Kepala Disperindag Kabupaten Belitung Adnizar mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Kementrian Perdagangan Bersama Kementrian Pertanian Melalui POM, pihaknya langsung melakukan surve di lapangan beberapa waktu lalu. Saat survei ditemukan lebih dari 17 pedagang dan pengecer buah yang menjual apel dari Amerika serikat yang tidak steeril tersebut.

 

“Kami menghimbau kepada para pedagang  buah dan eceran untuk tidak lagi menjual buah apel dari Amerika serikat. Karena buah apel dari Amerika Serikat tersebut mengandung bakteri listeria yang membahayakan manusia untuk jangka panjang, jika sering dikonsumsi,” himbaunya.

Adnizar kembali menghimbau kepada pedagang maupun konsumen untuk hari-hati dalam menjual maupun mengkonsumsi buah Import itu. Sebab, buah apel dari Amerika Serikat jelas mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi seruis dan berakibat fatal bagi tubuh manusia.

“Lebih baik mengkonsumsi buah lokal lebih terjamin mutunya serta membantu ekonomi para petani buah di Indonesia,” pungkasnya. (mg1)